Gempa Kembali Guncang Aceh, Kali Ini 6.4 Skala Richter

Rabu, 07 Desember 2016 10:26 Penulis: Agista Rully
Gempa Kembali Guncang Aceh, Kali Ini 6.4 Skala Richter
© istimewa

Kapanlagi Plus - Pagi ini (07/12) telah terjadi gempa berkekuatan 6.4 Skala Richter di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Gempa ini mengguncang Aceh pada shubuh tadi sekitar pukul 05.03 WIB. Pusat gempa berada di timur laut Kabupaten Pidie dan beruntungnya gempa ini dinyatakan tidak berpotensi tsunami oleh BMKG setempat.

"Sementara ini terdapat 1 korban luka-luka, 10 ruko roboh, beberapa tiang listrik roboh, 4 rumah, setelah jalanan yang rusak berat." ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, M. Riyadi. Menindak lanjuti hal ini, warga Kabupaten Pidie Jaya tengah panik dan segera keluar dari rumah atau bangunan memenuhi jalan.

"SPBU Ulee Gle rusak, warung kopi Umar Kumis di kompleks SPBU Ulee Gle hancur. Kubah Masjid Dayah Mudi Mesra Samalanga jatuh," jelas Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Heni, dikutip dari merdeka.com.

"Gedung lantai IV STAI AL-Aziziah roboh, Meunasah Muko Kuthan Ulee Gle hancur dan toko berkonstruksi empat lantai di Luengputu juga roboh," tambah Heni. Gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya ini memang terasa cukup kuat hingga dapat merobohkan beberapa bangunan. 

Berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan, daerah yang mengalami guncangan paling kuat antara lain Busugan, Meukobrawang, Pangwabroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh. Berdasarkan keterangan BMKG setempat, guncangan ini telah memasuki skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI). Dengan kata lain cukup membahayakan dan merusak bangunan.

Gempa Aceh berkekuatan 6.4 SR terjadi shubuh tadi © istimewaGempa Aceh berkekuatan 6.4 SR terjadi shubuh tadi © istimewa

Gempa bumi ini diperkirakan disebabkan oleh aktivitas sesar lokal dinilai dari kedalaman pusat gempanya. Tempat yang menjadi pemicu gempa diduga kuat berasal dari Samalanga-Sipopok yang berada di Timur Laut Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Hingga saat ini, telah terjadi gempa susulan sebanyak 5 kali. Meski demikian, tren gempa bumi susulan semakin mengecil sehingga cukup meredakan kepanikan warga Aceh. Oleh sebab itu, masyarakat diharapkan untuk tetap tenang dan mengikuti arahan BPBA setempat untuk memudahkan evakuasi.

Gempa ini diakibatkan oleh aktivitas sesar © istimewaGempa ini diakibatkan oleh aktivitas sesar © istimewa

Semoga saudara kita di Aceh baik-baik saja dan tidak timbul korban lagi ya, mari kita doakan yang terbaik KLovers.

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI