Gempar, 6 Tempat di Bumi Ini Pintu Gerbang ke Dunia Lain

Selasa, 08 September 2015 07:01 Penulis: Arai Amelya
Gempar, 6 Tempat di Bumi Ini Pintu Gerbang ke Dunia Lain
Ilustrasi pintu gerbang dunia lain © Chris Arrant


Kapanlagi Plus - Banyak sekali rahasia yang tersimpan di Bumi ini. Mengingat peradaban manusia yang baru berjalan ribuan tahun dan Bumi sudah berusia jutaan tahun, tentu ada berbagai hal tersembunyi di planet kita tercinta ini yang tidak kamu tahu.

Terkadang hal-hal yang tidak diketahui ini akan memunculkan sebuah misteri baru. Misteri yang meminta siapapun untuk memecahkannya. Terdengar cukup aneh memang, apalagi jika misteri itu mengenai pintu-pintu gerbang ke dunia lain. Ya, pintu gerbang menuju dimensi lain konon katanya ada di Bumi ini.

Lokasi-lokasi itu bahkan tersembunyi dan menanti manusia untuk datang dan berani memasukinya. Seperti dilansir Listverse ini, ada enam lokasi di Bumi ini yang konon dipercaya sebagai pintu gerbang ke dunia lain. Berani coba memasukinya?

1. Danau Avernus - Italia

Ada sebuah tempat di Italia yang menyimpan misteri selama ribuan tahun dan dipercaya banyak orang. Tempat itu adalah danau Avernus yang konon katanya adalah pintu gerbang menuju Neraka. Bukan tanpa alasan memang, apalagi jika kamu melihat Avernus yang tampak gelap. Danau Avernus sendiri memang merupakan bekas kawah gunung berapi yang kini telah mati. Tak heran jika di dasar Avernus ada banyak sekali gua-gua dan rembesan gas yang membuatnya makin mengerikan.

Orang Italia percaya jika Hades sang Dewa Kematian kerap menampakkan diri di Avernus. Keanehan lain dari danau ini adalah fenomena hewan-hewan yang tiba-tiba mati kala melintas di atasnya lantaran tingginya kadargas beracun. Kondisi mengerikan ini membuat Avernus sulit dihuni makhluk hidup sehingga disebut-sebut gua di sekitarnya memang dihuni sosok yang sudah mati.

2. Actun Tunichil Muknal - Belize

Di gunung Tapir Belize, Amerika Tengah sana ada sebuah rangkaian gua suci bernama Actun Tunichil Muknal (ATM). Disebut suci karena ATM yang berarti Gua Makam Kristal ini adalah lokasi ritual kuno suku Maya. Sama seperti lokasi ritual kuno Maya lainnya, di gua ATM pun kamu bisa menemukan kerangka manusia yang dulu diijadikan tumbal di sana dan sudah berusia ribuan tahun.

Uniknya, kerangka-kerangka manusia itu diselimuti kristal halus. Bangsa Maya percaya jika di ATM terdapat pintu masuk ke Xibalba (Ruang Ketakutan). Xibalba sendiri adalah rumah dunia bawah yang jadi tempat tinggal 12 iblis serta anak buah mereka yang bertanggung jawab pada penyakit, kelaparan, kemiskinan, kematian dan lainnya. Bangsa Maya kerap melakukan pengorbanan manusia agar para iblis itu tak berulah.

3. Gunung Api Hekla - Islandia

Kawasan Skandinavia atau Eropa Utara memang sering dianggap sebagai tempat para Dewa. Tak heran di daerah sana kerap dipercaya ada lokasi-lokasi misterius di mana Dewa pernah singgah. Salah satunya adalah Hekla, gunung berapi paling aktif yang ada di Islandia. Kisah mengenai Hekla tak pernah lepas dari kepercayaan yang menyebutkan Hekla sebagai pintu gerbang ke dunia bawah.

Ketika Hekla pertama kali meletus di tahun 1104, letusan dahsyat itu mengeluarkan lava pijar mengerikan. Saking besarnya, orang-orang dulu menyebut Hekla mengeluarkan api neraka dan menghisap jiwa-jiwa malang yang masih berjalan di Bumi. Karena menewaskan banyak orang, konon katanya setiap kali Hekla meletus, maka gerbang Neraka terbuka dan mengajak para pendosa masuk ke sana.

4. Gunung Api Masaya - Nikaragua

Para penjelajah Dunia Baru di abad ke-16 menuliskan dokumen-dokumen sejarah yang menyebutkan bahwa ada gunung-gunung api besar bisa mengubah malam menjadi siang. Di sekitar gunung itu ada danau-danau api yang tak berhenti terbakar. Rupanya cerita itu ditujukan pada gunung api Masaya yang berada di Nikaragua.

Sampai saat ini Masaya masih mengeluarkan lahar api dengan asap dan jurang tak berujung hingga di dasar kawah. Tak heran penduduk lokal menyebut Masaya sebagai Gunung Neraka dan salah satu bentuk dari Dewa yang selalu meminta pengorbanan manusia agar Masaya tak bergejolak. Seorang biarawan Roma, Juan de Torquemada menyebutkan jika Masaya adalah kunci penutup Neraka. Di mana jika Masaya menghalangi segala yang hidup masuk ke Neraka.

5. Gerbang Pluto - Turki

Di Turki ada sebuah area suci bernama Hierapolis yang menyimpan berbagai mitos misterius. Salah satunya adalah keberadaan pintu gerbang Pluto (Ploutonion) yang dipercaya sebagai gerbang ke dunia bawah yang dipercayai bangsa Yunani-Romawi. Berbagai dokumen kuno menyebutkan jika pintu gerbang Pluto itu ada di sebuah gua di Pamukkale.

Pamukkale sendiri adalah salah satu kota kuno di Hierapolis yang menjadi sumber air panas sekaligus makam dari St.Philip. Masyakarat setempat percaya jika Ploutonion tersembunyi di sebuah kuil kuno yang dilindungi asap beracun. Konon hanya orang-orang suci yang bisa masuk dan melewati Ploutonion menuju dunia lain.

6. Sumur Suci - Meksiko

Sebagai salah satu peradaban paling kuno di Bumi, bangsa Maya memang meninggalkan banyak hal. Selain tentunya ramalan kiamat di akhir 2012 yang tak terjadi, bangsa Maya punya banyak lokasi yang dulu kerap dipakai untuk ritual mereka kala menyembah Matahari. Bahkan tak sedikit sisa-sisa kerangka manusia ditemukan di lokasi ritual kuno sebagai korban untuk Dewa Maya.

Salah satunya adalah Sumur Bawah Tanah Suci (The Sacred Cenotes) di Meksiko ini. Bangsa Maya percaya bahwa lokasi ini adalah rumah bagi Chaak, sang Dewa Hujan. Kala Matahari berada di puncaknya (23 Mei dan 19 Jul), lokasi ini akan dipenuhi sinar terang Matahari dan bangsa Maya bakal menari-nari di depan pintu neraka. Jadi dengan kata lain, sumur suci ini adalah gerbang menuju dunia bawah.

(lis/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI