Gempar, Dahsyatnya Ledakan Industri Ini Bikin Kota Tianjin Lumpuh

Kamis, 13 Agustus 2015 10:18 Penulis: Lusi Vita
Gempar, Dahsyatnya Ledakan Industri Ini Bikin Kota Tianjin Lumpuh
Via ┬ętwitter

Kapanlagi Plus - Tengah malam tadi, sebuah ledakan hebat terjadi di bagian utara Kota Tianjin, China. Ledakan besar di kota industri itu setidaknya menelan 17 korban jiwa dan ratusan lagi mengalami luka berat. Ledakan yang dipicu oleh reaksi kimia dari salah satu industri itu akhirnya merembet hingga pemukiman penduduk.

Musibah yang membuat banyak penduduk sekitar kehilangan harta bendanya ini nyatanya juga membuat kerugian yang besar bagi perusahaan dan negara tentunya. Sontak, hanya dalam waktu singkat semalam hampir seluruh rumah sakit sekitar dibanjiri dengan ratusan korban luka-luka.

Ledakan pertama tercatat terjadi pada pukul 23.30 waktu setempat yang diikuti ledakan-ledakan industri lainnya. Ledakan pertama ini diperkirakan setara dengan 3 ton TNT sedangkan yang kedua setara dengan 21 ton TNT. Tak kurang 400 ratusan orang luka-luka dan 32 orang kritis setelah ledakan kedua tersebut, seperti yang dilansir melalui BBC.

Peristiwa ledakan dahsyat yang terjadi di China ini bikin Kota Tianjin luluh lantak ©BBCPeristiwa ledakan dahsyat yang terjadi di China ini bikin Kota Tianjin luluh lantak ©BBC

Para awak media yang semalam sudah berada di lokasi melihat betul kerusakan yang disebabkan oleh ledakan tersebut. Seperti keadaan di seluruh rumah yang rata-rata engsel pintunya lepas dan kaca berserakan di mana-mana. Sedangkan, di jalanan suara teriakan dan tangisan warga yang kesakitan atau menangisi anak-anak mereka yang terluka.

Bahkan hingga beberapa jam kemudian, 100 mesin pun masih saja terbakar dan tidak bisa dipadamkan. Sedangkan, kondisinya 4 kelompok pemadam kebakaran sendiri juga mengalami luka-luka saat bertugas semalam.

Banyak saksi yang menyatakan saat kejadian seperti ada bola api besar yang menghantam rumah mereka. Mereka mengira terjadi gempa dahsyat. Sehingga setidaknya 15 juta orang warga seluruh Kota Tianjin pun tidak bisa kembali tidur semalam dan lebih memilih untuk berkumpul di jalanan saja. Waduh, parah banget ya, semoga cepat berlalu saja ya musibah-nya.

(bbc/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI