Gigi Taring Patah, Harimau Malang Ini Kini Bergigi Emas

Jum'at, 01 November 2019 08:27 Penulis: Rezka Aulia
Gigi Taring Patah, Harimau Malang Ini Kini Bergigi Emas
© iStock


Kapanlagi Plus - Harimau satu ini memiliki satu perbedaan dari yang lain. Satu gigi taringnya telah diubah dengan gigi palsu berbahan emas.

Hal unik ini yang dialami Cara, harimau Bengal berusia lima tahun yang kini berada di Jerman. Gigi taring Cara patah saat ia bermain mainan kunyah-kunyahan yang ia miliki. Harimau seberat 56 kilogram ini pun harus menjalani sederet prosedur penggantian gigi taringnya.

1. Dua Kali Tindakan

Seorang dokter gigi khusus diterbangkan dari Denmark untuk memperbaiki gigi Si Cara. Dua prosedur operasi pun dilakukan demi kesembuhan harimau satu ini. Tindakan pertama dilakukan pada bulan Agustus untuk melakukan cetak gigi yang patah. Lalu dilanjutkan dengan pemasangan gigi palsu yang dilakukan di bulan Oktober.

Dilansir dari DailyMail, selama menunggu perbaikan gigi, Cara mendapat makanan istimewa. Harimau betina ini hanya mendapatkan daging tanpa tulang untuk memudahkan proses mengunyahnya.

"Kami mengabarkan bahwa saat ini Cara sudah bisa menggigit secara baik dan telah tersenyum menunjukkan gigi emas barunya," ungkap ahli biologi Eva Lindenschmidt dilansir dari sumber yang sama.

2. Awalnya Peliharaan Ilegal

"Beruntung tim dokter gigi internasional bisa membuat gigi palsu emas. Mereka adalah Jens Ruhnau dari Denmark serta Dr Johanna Painer dari Vienna," lanjut sang sumber.

Cara saat ini dipelihara di sebuah pusat konservasi di Jerman. Sebelumnya, ia dipelihara secara ilegal di sebuah peternakan di Mugnano, Italia. Beruntung Cara diselamatkan oleh pihak berwajib pada 2013. Hingga saat ini Cara pun tinggal dengan banyak harimau lainnya di Tierart Tiger Station di Masswiler, Jerman.

(kpl/rna)

Editor:

Rezka Aulia



MORE STORIES




REKOMENDASI