Hari Darmawan, Sosok Bos Matahari Yang Inspiratif

Sabtu, 10 Maret 2018 21:34 Penulis: Tyssa Madelina
Hari Darmawan, Sosok Bos Matahari Yang Inspiratif
(credit : Taman Wisata Matahari)

KapanLagi.com - Kabar duka, bos Matahari ditemukan meninggal dunia. Almarhum ditemukan tak bernyawa di pinggir Sungai Ciliwung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sekitar 1 kilometer dari villa miliknya.

Hari dikenal sebagai seorang pengusaha sukses. Hari adalah pendiri toko jaringan retail ternama, Matahari Department store. Dilansir dari Liputan6.com, pada tayangan Fokus Indosiar (10/3/2018) menyebutkan bahwa Hari merintis karirnya dari bawah, Hari memulai usahanya dengan membuka sebuah toko kecil di Pasar Baru 1968. Usut punya usut toko tersebut ia beli dari ayah mertuanya, bernama toko Mickey Mouse.

Dengan semakin berkembangnya usaha yang ia jalani, Hari kembali membeli sebuah toko bernama Toko Zion. Dimana arti dari Zion adalah matahari. Dari situlah sejarah Toko Matahari dimulai. Semakin hari Toko Matahari semakin menunjukkan kemajuan, hinga di tahun 1972 Hari kembali mengembangkan tokonya ini menjadi toko berkonsep department store. Dimana kemudian Matahari menjadi perusahaan merek nasional.

(credit : news.liputan6.com/achmadsudarno & Taman Wisata Matahari)(credit : news.liputan6.com/achmadsudarno & Taman Wisata Matahari)

Tak berhenti di situ, Hari melebarkan sayapnya ke dunia wisata. Ia mendirikan sebuah tempat wisata yang populer di kawasan Cisarua, Bogor, bernama Taman Wisata Matahari. Pasar Swalayan Hari-Hari juga dikenal sebagai salah satu usaha pendiri Matahari Department Store ini.

Sebagai salah satu pengusaha sukses di tanah air, tak heran jika Hari memiliki kedekatan dengan sejumlah pengusaha sukses lain. Salah satunya adalah bos Lippo Group, James Riady. Datang melayat, James mengungkapkan, "Pak Hari sosok pejuang. Enterpreneur sejati bisa menciptakan lapangan kerja yang luas." James pun menambahkan bahwa semasa hidup Hari adalah orang yang baik dan sangat dekat dengan seluruh karyawan Matahari, serta dikenal sangat baik kepada masyarakat luas. Ia adalah sosok yang ramah dan suka menolong orang. Karena itulah sebagai induk perusahaan, Lippo Group merasa sangat kehilangan sosok Hari yang inspiratif ini.

"Kami hanya bisa mendoakan. Tuhan memberkati dan menyertai juga menghibur keluarga yang ditinggalkan," tutup James Riady.

(kpl/ren)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI