Hutan Gunung Arjuno Kembali Terbakar, Titik Api Baru Muncul di Tempat Ini

Senin, 30 September 2019 14:45 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Hutan Gunung Arjuno Kembali Terbakar, Titik Api Baru Muncul di Tempat Ini
Kebakaran Hutan Gunung Arjuno, BPBD Batu


Kapanlagi Plus - Hutan di kawasan Gunung Arjuno kembali terbakar. Titik api kembali muncul di kawasan hutan di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya (TAHURA) R Soerjo itu.

Achmad Choirur Rochim, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mengatakan, titik api muncul berada di Gunung Kembar II, yang diketahui Minggu, 29 September sekitar pukul 09.00 WIB.

"Sekitar pukul 09.00 WIB terpantau titik api baru yang diperkirakan berada di Gunung Kembar II," tegas Achmad Choirur Rochim, Minggu (29/9).

 

 

1. Api Dapat Dilokalisir

Jelas Rochim, Sabtu (28/9) kemarin diinformasikan oleh Staf Tahura R. Soeryo 04 Sumberbrantas, kalau terjadi kebakaran hutan di Gunung Arjuna, tepatnya di Gunung Kembar I. Tim dari Tahura sejumlah 31 personil langsung menuju lokasi guna pemadaman secara manual. Seketika api dapat dilokalisir dan dipadamkan.

Titik api kembali muncul di lokasi lain, yakni di kawasan Gunung Kembar II. Saat ini Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana BPBD Kota Batu sudah di Pos Tahura R. Soeryo 04 Desa Sumberbrantas untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

2. Lakukan Penyisiran

"Saat ini, sebanyak 15 personil melakukan persiapan untuk penyisiran dan melakukan pemadaman ke lokasi yang rencananya diberangkatkan pada pukul 16.00 WIB," terangnya.

Hutan lereng Gunung Arjuno, akhir Juli lalu juga mengalami kebakaran dan berhasil dipadamkan setelah hampir sepekan dilalap si jago merah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun mengerahkan satu unit helikopter untuk operasi pemadaman udara secara water bombing.

(kpl/dar/frs)

Reporter:

Darmadi Sasongko



MORE STORIES




REKOMENDASI