Ikan Mola-Mola Raksasa Terdampar di Ambon, Seperti Ini Penampakan Bangkainya

Selasa, 02 April 2019 13:45 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Ikan Mola-Mola Raksasa Terdampar di Ambon, Seperti Ini Penampakan Bangkainya
Ikan Mola-Mola © Liputan 6


Kapanlagi Plus - Bangkai ikan mola-mola ditemukan terdampar di perairan Teluk Ambon pada hari Minggu (31/3) lalu. Bangkai ini ditemukan tak jauh dari Tanjung Martafons, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, dekat dengan kerambah milik warga.

Penemuan ini pun langsung dilaporkan kepada pihak yang berwenang. Diketahui jika ikan mola-mola merupakan spesies yang langka. Wiwit Handayani selaku Koordinator Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Sorong Satker Ambon mengatakan jika ikan tersebut diduga telah mati sejak beberapa hari lalu.

Dirinya masih belum bisa memastikan penyebab kematian ikan tersebut. Pihaknya harus melakukan penelitian terkait kematian ikan tersebut. “Kami tidak bisa melihat penyebabnya dengan kasat mata saja. Ada banyak faktor, bisa mati secara alami, bisa juga karena yang lain,” ujarnya dilansir Liputan 6.

 

1. Cukup Menghebohkan

Penemuan bangkai ikan mola-mola ini bisa dibilang cukup menghebohkan. Pasalnya, habitat ikan langka ini adalah sekitar perairan Bali. Wiwit sendiri mengaku heran mengapa ikan ini bisa sampai ke Maluku.

“Habitatnya yang kami tahu itu Bali, kalau di sini kami baru tahu itu waktu terdampar kemarin, mungkin saja ikannya terdampar ke sini,” tambahnya.

2. Termasuk ke Dalam Ikan Purba

Ikan mola-mola sendiri bisa dikatakan sebagai ikan purba. Ikan ini hidup di laut dengan iklim tropis, dan sesekali akan muncul ke permukaan laut untuk menyeimbangkan suhu tubuhnya.

Walaupun cukup menghebohkan, nyatanya bukan hanya sekali ini saja ikan mola-mola muncul di Maluku. Sebelumnya, seekor ikan mola-mola juga sempat terjerat jaring nelayan di Teluk Ambon, yang kemudian dibawa nelayan ke Pantai Waihaong, Kecamatan Nusaniwe.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI