Imbas Badai Topan di China Dan Taiwan, Myanmar Alami Banjir Hebat

Rabu, 12 Agustus 2015 09:18 Penulis: Lusi Vita
Imbas Badai Topan di China Dan Taiwan, Myanmar Alami Banjir Hebat
Ilustrasi Via ©wallconvert

Kapanlagi Plus - Tampaknya peristiwa badai topan super Soudelor yang terjadi di China dan Taiwan juga berimbas ke negara tetangga, Myanmar. meski tidak separah kedua negara tersebut, namun ke-14 daerah di Myanmar juga menghadapi curah hujan yang ekstrem.

Sehingga, tak heran bila ke-14 daerah tersebut mengalami banjir yang menyebabkan terendam-nya rumah penduduk dalam lumpur. Selain itu, juga dilaporkan sekitar 485.623 hektar lahan pertanian yang ditanami padi rusak. Hingga saat ini terhitung 100 orang korban meninggal dunia.

Memang di beberapa daerah seperti Irrawaddy dan Ngawun banjir ini dilaporkan surut pada hari minggu kemaren. Namun sebagian besar di daerah lain, kondisinya masih dengan sebelumnya. Hal ini mengakibatkan beberapa pengungsi yang sementara ini tinggal di area yang lebih tinggi menolak pulang, seperti dilansir BBC.

Myanmar juga lumpuh karena curah hujan tinggi imbas badai topan di China dan Taiwan ©BBCMyanmar juga lumpuh karena curah hujan tinggi imbas badai topan di China dan Taiwan ©BBC

Apalagi di daerah Rakhine banjir mencapai 2 meteran lebih, sehingga untuk menerima bantuan warga harus berenang terlebih dahulu ke beberapa titik. Hingga kini, Tim SAR setempat masih terus berusaha melakukan pencarian korban hilang.

Selain itu, pemerintah Myanmar saat ini masih terus mengutamakan keselamatan dan evakuasi warga. Sedangkan, bahan bantuan berupa makanan juga tetap diberikan secara berkala pada korban banjir yang tetap ingin bertahan di kediaman masing-masing.

Hingga kini, pemerintah masih belum sempat menghitung kerugian yang harus negara tanggung akibat bencana ini. Sebabnya, mereka juga belum bisa menurunkan status siaga mereka. Waduh, bencana topan dan banjir ini jadi merembet ya. Semoga bencana ini bisa berhenti segera ya. Bagaimana menurut kalian?

(bbc/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI