Ini Dia Fenomena Alam Yang Keren dan Konyol!

Jum'at, 03 Mei 2013 12:01 Penulis: Arai Amelya
Ini Dia Fenomena Alam Yang Keren dan Konyol!
foto: listverse.com


Kapanlagi Plus - Dunia ini memang penuh dengan berbagai kejadian alam yang sangat memukau dan begitu mempesona. Tak heran jika banyak sekali fenomena di bumi ini yang bisa mempesona manusia.

Fenomena-fenomena tersebut bahkan kerap kali tak masuk logika. Jika demikian, sebagai manusia kamu hanya perlu mengucapkan syukur dan takjub atas Tuhan Yang Maha Esa.

Meskipun kerap terlihat unik, ada juga fenomena-fenomena alam yang terlihat konyol tapi tetap saja keren. Seperti apa? Intip gambar-gambar menakjubkan berikut ini.

1. Sun Dogs

Ini adalah bentuk fenomena alam lainnya yang berhubungan dengan kristal es di atmosfer. Sama seperti 'pelangi yang terbakar', fenomena halo matahari ini tampak seperti ada dua titik terang menyerupai matahari di langit sehingga tampak ada 3 matahari di langit. Pernah melihat yang seperti ini?

2. Pusaran Air Langit

Waterspouts adalah sebuah fenomena alam yang bisa disebut tornado atau pusaran air yang membumbung tinggi sampai ke langit. Badai ini terbentuk di atas air dan sangat berbahaya karena bisa mencapai kecepatan 305 km/jam. Bisa kamu bayangkan cepatnya? Pusaran air ini dianggap sebagai salah satu penyebab banyaknya kapal atau pesawat tenggelam di Segitiga Bermuda dengan 400-500 pusaran/tahun.

3. Columnar Basalt

Columnar Basalt pada dasarnya adalah formasi semacam bebatuan dengan bentuk persegi sempurna yang ada di pinggiran lautan. Tidak ada yang tahu bagaimana basalt ini bisa terbentuk. Menjadi salah satu hal misterius, kamu hanya perlu diam menikmati keindahan Illahi.

4. Brinicles

Ketika permukaan laut membeku seperti di Kutub Utara dan Selatan, maka akan ada air asin dan air tawar yang berkumpul di bawah lapisan es. Sudah pasti lapisan garam akan lebih padat daripada air laut sehingga membuatnya cenderung tenggelam ke dasar. Lantaran sangat dingin, kumpulan air garam itu membeku dan hal itu disebut dengan nama stalaktit es atau memiliki julukan keren brinicles.

5. Pelangi Terbakar

Kumpulan pelangi penuh warna di langit ini bisa kamu lihat selama musim panas di sebagian besar Amerika Serikat. Sebetulnya apa yang terlihat adalah pembiasan cahaya langsung di awan dan tak ada hubungan dengan pelangi yang terbakar. Hanya motifnya yang mengkristal membuat tampilannya seakan terbakar dan sangat memukau.

6. Bunga Es

Sederhananya bunga es adalah bunga yang terbuat dari es. Benda itu terbentuk dari penumpukan partikel es di sekitar pangkal tanaman tertentu atau pepohonan. Ketika suhu di luar tanaman membeku dan di dalamnya tidak, maka akan terjadi proses pembekuan. Hasilnya? Sebuah ciptaan cantik yang begitu mempesona.

7. Penitentes

Ini adalah formasi lapisan es yang juga keren dan biasanya terdapat di kawasan pegunungan. Bidang-bidang es yang runcing ini memiliki julukan penitentes dan bisa mencapai ketinggian 4 meter. Bisa kamu temukan di kawasan pegunungan Andes seperti jarum-jarum es di hamparan pegunungan.

8. Donat Salju

Pernahkah kamu memiliki impian saat kecil ingin menggulirkan bola salju di bukit? Itu sangat menyenangkan. Namun tahukah kamu bahwa memang ada bola salju alami yang berbentuk donat dan itu terbentuk lantaran kondisi suhu yang sempurna. Ingin menggelindingkan donat bola salju?

9. Supercells

Supercell pada dasarnya adalah kumpulan tornado yang lebih dari sekedar sel badai biasa dan begitu menyeramkan. Benda ini cenderung berputar dengan sangat cepat dan sangat besar. Untungnya fenomena alam mengerikan ini sangat langka dan cenderung hanya bisa ditemukan di kawasan Amerika Serikat saat musim semi.

10. Hujan Petir Gunung Berapi

Jika ada seseorang yang bertanya padamu, sebutkan fenomena alam yang keren mungkin kamu akan menjawab lava gunung berapi atau petir. Namun rupanya kedua hal menakjubkan itu bisa terjadi dalam satu kesempatan. Pernah ada hujan petir yang terjadi di tengah-tengah letusan gunung merapi. Meski belum diketahui pasti penyebabnya, banyak ilmuwan menduga bahwa ini akibat kegiatan elektronisasi di alam dan tentunya sangat keren.

(ltv/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI