Jaga Paspor Baik-Baik, Kalau Hilang Kena Denda Rp 1 Juta

Rabu, 18 September 2019 18:21 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati
Jaga Paspor Baik-Baik, Kalau Hilang Kena Denda Rp 1 Juta
Ilustrasi Paspor (Credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Traveling bisa dibilang lagi jadi hobi yang populer banget. Anak muda hingga pecinta petualang mulai senang jelajahi berbagai destinasi wisata hingga ke luar negeri. Yup, bicara soal itu pasti KLovers jadi ingat sama paspor dong.

Yup, buat KLovers yang doyan jalan-jalan ke luar negeri wajib banget menjaga paspor baik-baik. Pasalnya kalau sampai hilang, bakal kena denda lho. Hal itu sesuai dengan aturan baru yakni Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

1. Berlaku per Mei 2019

Dalam aturan tersebut tertuang denda kehilangan paspor mencapai Rp 1 Juta. "Denda ini berlaku bagi paspor hilang yang masih aktif atau sudah habis masa berlakunya. Jadi harus disimpan baik-baik," tukas Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Arvin Gumilang pada Merdeka.com, Selasa (13/8).

Lebih lanjut Arvin tegaskan bahwa peraturan ini berlaku semenjak Mei 2019 lalu. Detail pembayaran juga dipaparkan. Ternyata kalau dihitung-hitung total penggantian paspor bisa lebih dari Rp 1 Juta.

2. Bisa Habis Lebih dari Rp 1 Juta

"Apabila dia mengajukan paspor biasa 48 halaman, maka biayanya 1 juta plus biaya buku 350 ribu. Jika penggantian paspor hilang dan mengajukan paspor biasa elektronik 48 hal, maka biayanya Rp 1 juta plus Rp 650 ribu," jelas Arvin dilansir dari Merdeka.com.

Kalau sampai KLovers kehilangan paspor, hal pertama yang harus dilakukan adalah melapor ke polisi. ""Kalau hilang nanti penggantian, harus lapor ke kepolisian lapor kehilangan, lalu lapor ke imigrasi nanti kita lihat hilangnya kenapa," pungkas Arvin.

(kpl/tdr)



MORE STORIES




REKOMENDASI