Jangan Lupa Untuk Menyimpan Gigi Susu Karena ...

Selasa, 13 Desember 2016 18:45 Penulis: Agista Rully
Jangan Lupa Untuk Menyimpan Gigi Susu Karena ...
© viral4real.com

Kapanlagi Plus - Orang Barat percaya bahwa dengan menyimpan gigi susu di bawah bantal maka peri gigi akan mengambilnya lalu menggantinya dengan koin 25 sen. Apakah kamu termasuk yang percaya mitos ini? Mungkin tidak, karena mitos semacam ini tidak begitu populer di Indonesia.

Namun saat ini menyimpan gigi susu memang benar-benar bermanfaat lho. Pasalnya, di dalam gigi susu terdapat sebuah sel yang disebut sebagai sel punca (stem cell). Sel ini berfungsi sebagai sel induk yang meningkatkan daya regenerasi. Dengan adanya sel ini, maka tulang dapat ditumbuhkan kembali dan kulit dapat mengalami peremajaan.

Singkatnya, stem cell ini merupakan sebuah terobosan medis di masa depan. Dengan adanya stem cell maka kemungkinan sembuh bagi penderita leukemia dan juga kelainan darah lainnya akan meningkat. Nah, stem cell ini biasanya terdapat pada plasenta bayi atau tulang sumsum. Penemuan teranyar menyatakan bahwa gigi susu juga memiliki stem cell kaya manfaat ini. Hebat banget!

gigi susu mengandung sel punca yang dapat dijadikan sebagai obat untuk penyakit leukemia © dimplesmagazine.comgigi susu mengandung sel punca yang dapat dijadikan sebagai obat untuk penyakit leukemia © dimplesmagazine.com

Manfaat dari gigi susu ini diketahui ketika seorang ayah asal Inggris, Kryan Bracken, mengirim gigi susu anak-anaknya ke laboratorium untuk diteliti lebih lanjut. Dan ternyata, di dalam gigi susu anak-anak terdapat lapisan tisu yang masih hidup meski gigi telah copot.

Kemudian, seorang peneliti stem cell, Dr. Songtao Shi, melakukan percobaan dengan cara mengambil sel dari lapisan tisu yang terdapat pada gigi susu anak-anak. Percobaan yang dilakukannya berhasil dan terbukti bahwa gigi susu memiliki stem cell yang menjadi tumpuan pengobatan masa depan.

Satu lagi manfaat dari gigi susu ini adalah pengambilannya tidak memerlukan prosedur operasi seperti yang dilakukan pada plasenta bayi atau pengambilan tulang sumsum belakang. Jadi, mulai sekarang biasakan mengoleksi gigi susu keponakanmu yang sudah copot ya.

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI