Jangan Remehkan, Sendok-Sendok Ini Bakal Mampu Selamatkan Duniamu

Selasa, 29 Maret 2016 18:18 Penulis: Lusi Vita
Jangan Remehkan, Sendok-Sendok Ini Bakal Mampu Selamatkan Duniamu
Inilah sendok yang mampu selamatkan duniamu ©Huffingtonpost.com

Kapanlagi Plus - Siapa sih yang nggak tahu kalau bumi ini sudah terancam keadaannya gara-gara sampah? Tentu, semua orang termasuk kamu pun sudah paham betul kalau jumlah sampah di bumi ini semakin lama semakin banyak dan menumpuk. Makanya jangan heran deh, kalau sebagian besar jumlah sampah di bumi ini mencemari lingkungan hidup. Contohnya saja seperti sungai, sumber air bahkan lautan.

Alhasil dengan keadaan seperti itu, selama ini beberapa pihak terkait termasuk pemerintah, perorangan dan swasta pun memutar otak untuk menanggulangi permasalahan seperti ini. Jelasnya sih, nggak heran juga kalau kamu sendiri bakal tak asing dengan produk-produk kekinian yang sengaja dibuat agar ramah terhadap lingkungan.

Selain kantong plastik yang bisa mengurai dengan sendirinya. Beberapa tahun silam sebenarnya juga sudah ditemukan dan diproduksi massal sendok ramah lingkungan. Di mana tepatnya pada tahun 2010, seorang pria asal India yang dikenal sebagai Narayana Peesapathy pun ikut peduli dengan menemukan pengganti sendok plastik, seperti dilansir melalui Huffingtonpost.com.

These Utensils Are Totally Edible These edible utensils are helping India cut down on waste.

Posted by The Huffington Post on Friday, March 25, 2016

Nah, kira-kira apa sih kelebihan dari sendok yang mampu mengurai dengan sendirinya ini? Tentu kamu nggak percaya, kalau benda yang mirip sekali dengan sendok kayu ini nyatanya terbuat dari tepung beras atau gandum. Makanya selain bisa bisa mengurai dengan sendirinya, sendok ini bisa kamu makan juga lho.

Duh, emang iya bisa dan aman dimakan? Kenyataannya memang begitu kok, apalagi menurut para penggunanya rasa sendok ini enak seperti kue kering. Makanya kamu nggak heran juga kalau harganya yang lebih mahal dari sendok plastik itu sepertinya nggak mempengaruhi daya jual sendok yang dihargai 4 Dollar Amerika (sekitar Rp 53,5 ribu) per 100 biji. 

Tapi nih ya, kalau kamu memang tak mau memakannya. Sendok ini mampu mengurai dengan sendirinya selama 4 hingga 5 hari-an. Wah, pantas saja sendok ini banyak dipakai oleh sebagian besar masyarakat di India. Sedikit demi sedikit, tentu penggunaan sendok ini juga bakal menolong bumi ini dari pencemaran sampah plastik bukan? Bagaimana menurutmu?

(huf/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI