Jika Berpotensi Bahaya, Kemenkominfo Siap Blokir Pokemon Go

Jum'at, 15 Juli 2016 12:18 Penulis: Natanael Sepaya
Jika Berpotensi Bahaya, Kemenkominfo Siap Blokir Pokemon Go
Pokemon Go © twitter.com/gamespot

Kapanlagi Plus - Sejak perilisannya di luar negeri, Pokemon Go sukses jadi fenomena global sekarang ini, khususnya kawula muda. Selain itu, masyarakat Indonesia juga sudah mulai menunjukkan antusias tinggi menjelang resminya Pokemon Go dirilis di Tanah Air.

Nah tapi seperti yang dilansir dari Tribun News baru-baru ini, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) juga sudah mengetahui eksistensi permainan yang dikembangkan oleh Nintendo dan Niantic tersebut. Karena itu, Kemenkominfo juga nggak akan ragu untuk memblokir situs aplikasi Pokemon Go jika nantinya terindikasi ada potensi bahaya.

"Kalau memang konten aplikasi Pokemon Go melanggar aturan, pasti kita akan proses untuk diblokir melalui panel penanganan konten ilegal," ujar Ismail Cawidu selaku Kepala Pusat Informasi Kemenkominfo seperti yang dilansir dari Tribunnews.com, Kamis (14/7).

Kalau terindikasi adanya potensi bahaya, Kemenkominfo nggak bakal segan-segan memblokir Pokemon Go di Indonesia © twitter.com/gamespotKalau terindikasi adanya potensi bahaya, Kemenkominfo nggak bakal segan-segan memblokir Pokemon Go di Indonesia © twitter.com/gamespot

Memang sampai saat ini belum ada pengaduan masyarakat yang masuk pada Kemenkominfo terkait bahaya penggunaan aplikasi Pokemon Go. Hanya saja, bukan berarti Pemerintah boleh bersantai dulu dalam mengawasi perkembangan game tersebut di Indonesia.

"Terkait Pokemon Go kami belum menerima pengaduan dari masyarakat," lanjut Ismail. Sedangkan di sisi lain, Polisi juga menghimbau masyarakat untuk lebih bijaksana dan berhati-hati saat memainkan game berbasis Augmented-Reality dengan dukungan GPS itu.

"Jangan sampai kita asyik mengejar Pokemon, malah jadi petaka. Kita asyik main handphone di jalan, malah jadi bahaya buat diri sendiri. Kalau ada lubang, kendaraan, bersenggolan dengan pejalan lain, atau malah kita dicopet," tegas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes, Awi Setiyano, pada Tribun News di Mapolda Metro Jaya, Kamis (14/7).

So, buat kamu para Pokemon Hunter di Indonesia, kalau sampai ada banyak kasus pengaduan karena Pokemon Go dianggap berbahaya, jangan protes ya jika sewaktu-waktu Kemenkominfo memblokir permainan yang satu ini.

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya



MORE STORIES




REKOMENDASI