Kamar Mandi dan Sumur di Rumah 'Si Doel Anak Sekolahan' Masih Ada

Sabtu, 23 April 2016 12:18 Penulis: Rahmi Safitri
Kamar Mandi dan Sumur di Rumah 'Si Doel Anak Sekolahan' Masih Ada
Rumah Si Doel © istimewa

Kapanlagi Plus - Masih ingat dengan sinetron Si Doel Anak Sekolahan? Sinetron yang dibintangi Rano Karno, Cornelia Agatha, Maudy Koesnaedy, Benyamin S, dan lain-lain ini begitu populer di era 90-an. KapanLagi.com® mencoba untuk bernostalgia dengan mengunjungi rumah yang dulu digunakan sebagai tempat tinggal Doel dan keluarga.

Rumah tersebut kini sudah jauh berbeda dan saat ini statusnya dikontrakkan serta ditempati oleh seorang pria (yang enggan namanya disebutkan) sejak 2012. Kebetulan, tim KapanLagi.com® diberi kesembatan untuk mengelilingi rumah yang kini rendang dan memiliki kebun tersebut. Uniknya, walaupun rumah Babe Sabeni  (karakter Benyamin S di sinetron) sudah begitu berbeda dengan bangunan aslinya, tetapi ada satu tempat yang masih sama seperti dahulu.

Kmaar mandi di rumah si Doel, masih dipertahankan tapi tak dipakai © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaKmaar mandi di rumah si Doel, masih dipertahankan tapi tak dipakai © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Salah satu yang masih dipertahankan adalah kamar mandi yang sering digunakan oleh keluarga Babe Sabeni, termasuk Doel, Atun, Mak Lela, dan Mandra. Pintu yang terbuat dari seng (atap rumah) masih seperti dulu. Selain itu, sumur yang sering kali dipakai Atun mencuci masih terlihat utuh. Sayangnya, lantaran sudah tak diurus oleh pemilik rumah, apalagi sudah dijadikan kontrakan, kamar mandi tersebut sudah tak terpakai. "Ini aja (sumur dan kamar mandi) nih yang masih asli. Yang lain mah udah berubah," katanya.

Jauh sebelum dia tinggal di rumah 'fenomenal' itu, dirinya mengaku jika kediamannya itu akan dipakai lagi untuk syuting sinetron lagi. Namun, lantaran yang punya rumah tak mau lagi rumahnya dipakai untuk syuting, akhirnya disewakan. "Tadinya mau dipakai lagi buat syuting. Tapi Babe (panggilan untuk yang punya rumah) nggak mau," katanya.

Inilah sumur yang dulu sering dipakai Atun untuk cuci baju © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaInilah sumur yang dulu sering dipakai Atun untuk cuci baju © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Sayangnya, ketika usai berbincang-bincang dengan pemilik rumah, dirinya tak tak memberitahu berapa harga sewa rumah tersebut setiap tahunnya. "Ya kalo bagus sih mahal, kalo biasa aja murah," katanya.

Jauh sebelumnya, rumah yang kini ditempati oleh pria yang pernah tinggal di Medan itu begitu dikenal di Tanah Air karena sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Keluarga Babe Sabeni, yang diperankan oleh alm. Benyamin S berserta keluarganya termasuk Mak Lela, Doel, Atun, dan Mandra menghabiskan waktu di rumah tersebut.

(kpl/far/pit)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi



MORE STORIES




REKOMENDASI