Kamu Harus Tahu Tentang Ilvermorny, Hogwarts-nya Amerika

Kamis, 17 November 2016 13:52 Penulis: Agista Rully
Kamu Harus Tahu Tentang Ilvermorny, Hogwarts-nya Amerika
Pottermore.com

Kapanlagi Plus - Bagi kamu yang telah menggandrungi Harry Potter sejak awal 2000-an kamu pasti tahu bahwa kebanyakan sekolah sihir berada di benua Eropa. Tiga di antaranya dan yang paling dikenal adalah Hogwarts yang berada di Inggris, Beauxbatons yang berada di Prancis, dan Drumstrang yang berada di Bulgaria. Namun apakah kamu tahu bahwa JK Rowling mengenalkan sekolah sihir baru di benua Amerika?

Ya! Sekolah sihir itu adalah Ilvermorny. Sekolah sihir Ilvermorny dibangun pada abad ke-17. Sekolah ini berdiri di puncak tertinggi Gunung Greylock. Keberadaan sekolah ini sama seperti sekolah sihir lainnya, tak terdeteksi oleh No-Maj atau Muggle yaitu orang-orang yang tidak memiliki kemampuan sihir. Jadi, kamu tidak akan pernah menemukan sekolah ini karena kamu bukan penyihir hehehe.

Sehubungan disinggungnya Ilvermorny dalam film terbaru spin-off Harry Potter, FANTASTIC BEASTS AND WHERE TO FIND THEM, kamu harus tahu dong fakta apa saja tentang sekolah sihir yang menjadi Hogwarts-nya Amerika ini.

1. Ilvermorny didirikan oleh orang Irlandia

Pendiri Ilvermorny, Isolt Sayre adalah orang Irlandia via comedycentral.co.ukPendiri Ilvermorny, Isolt Sayre adalah orang Irlandia via comedycentral.co.uk

Ilvermorny didirikan oleh wanita berkebangsaan Irlandia bernama Isolt Sayre yang lahir pada tahun 1603. Dia merupakan keturunan darah murni yang masih berkerabat dengan keluarga Gaunt, keluarga Slytherin. Isolt yang menjadi salah satu bagian dari kelompok Puritan, yakni kelompok pindahan Inggris ke Amerika. Isolt mendirikan Ilvermorny bersama suaminya yang seorang No-Maj (manusia biasa). Nama Ilvermorny sendiri diambilnya dari gubuk yang pernah ditinggalinya di Irlandia.

2. Pendiri Ilvermorny memiliki kemiripan dengan Harry Potter

Isolt Sayre si pendiri Ilvermorny memiliki beberapa kemiripan dengan Harry Potter. Dua di antaranya adalah kemampuan Parselmouth, yakni kemampuan berbicara dengan ular. Dan kedua orang tua Isolt sama-sama dibunuh ketika dia masih kecil. Lalu Isolt dibesarkan oleh seorang bibi yang kejam, Gormlaith Gaunt.

3. Ilvermorny juga memiliki 4 asrama

Sama seperti Hogwarts, sekolah sihir Ilvermorny juga memiliki 4 asrama yakni Wampus, Thunderbird, Horned Serpent, dan Pukwudgie. Keempat asrama ini terinspirasi oleh makhluk-makhluk ajaib yang ditemui Isolt sebelum dia mendirikan sekolah Ilvermorny. Wampus menggambarkan jiwa ksatria, Horned Serpent menggambarkan cendekiawan, Pukwudgie menggambarkan kebaikan, dan Thunderbird menggambarkan petualangan. Berbeda dengan Hogwarts, seleksi asrama di Ilvermorny mengharuskan murid berdiri di atas simbol Gordian Knot. Setelah itu, gambaran makhluk di setiap asrama akan muncul dengan sendirinya.

4. Warna Jubah Ilvermorny adalah Biru dan Cranberry

Warna biru pada jubah Ilvermorny menggambarkan warna kesukaan Isolt, sang pendiri sekolah. Dulunya Isolt ingin berada di asrama Ravenclaw Hogwarts, sayangnya bibinya yang jahat tidak memperbolehkannya bersekolah di Hogwarts. Sementara warna cranberry merupakan warna favorit James, suami Isolt yang juga menjadi pendiri sekolah sihir Ilvermorny. Ilvermorny pada awalnya dihadiri hanya oleh dua orang siswa laki-laki yang dibesarkan Isolt dan James karena orang tua anak laki-laki tersebut meninggal diserang Hidebehind.

5. Tongkat Salazar Slytherin ditanam di halaman Ilvermorny

Pohon yang menjadi simbol sekolah ditanam di atas tongkat Slytherin yang dikubur via comedycentral.co.ukPohon yang menjadi simbol sekolah ditanam di atas tongkat Slytherin yang dikubur via comedycentral.co.uk

Isolt Sayre adalah keturunan dari Salazar Slytherin dan beruntung mewarisi tongkat penyihir hebat pendiri Hogwarts tersebut. Isolt selalu menggunakan tongkat sihir Slytherin hingga tongkat tersebut berhenti bekerja karena dapat ditidurkan. Setelah tongkat itu tak bisa lagi digunakan, tongkat tersebut ditanam di halaman sekolah Ilvermorny dan menjadi tempat tumbuhnya pohon yang memiliki manfaat pengobatan.

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI