Karya Kreatif Indonesia 2020 Seri Ketiga Dorong UMKM Milenial Sebagai Kekuatan Perekonomian Baru

Sabtu, 21 November 2020 20:35
Karya Kreatif Indonesia 2020 Seri Ketiga Dorong UMKM Milenial Sebagai Kekuatan Perekonomian Baru
https://cdns.klimg.com/kapanlagi.com/p/whatsapp-image-2020-11-22-at-08-27-04.jpeg


Kapanlagi Plus - Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri ke-3 yang mengusung tema 'UMKM Sahabat Milenial' bakal digelar selama 3 hari berturut-turut, di mana pembukaannya dilangsungkan hari Jumat (20/11) kemarin. KKI seri ke-3 ini diharapkan bisa mendorong generasi muda memiliki semangat cinta UMKM dengan mencintai produk lokal serta menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi perekonomian bangsa.

KKI 2020 seri ke-3 ini secara virtual mengingat kondisi Covid-19 yang masih melanda. Meski demikian, rupanya hal itu tidak menyurutkan semangat UMKM dalam berkarya di KKI 2020. Dan istimewanya, kali ini Ibu Negara Iriana Jokowi juga turut hadir untuk meramaikan acara.

"Pemanfaatan platform digital bagi usaha millenial sangat menjanjikan karena anak-anak muda Indonesia jumlahnya sangat-sangat besar. Mereka sudah terbiasa dengan teknologi, sehingga bisa cepat beradaptasi. Karena itu sekarang waktu yang sangat tepat bagi kaum muda Indonesia untuk menjadi wirausaha untuk membangun dan membesarkan UMKM, membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat juga mendorong perekonomian agar kita kembali bergerak," ujar Ibu Negara RI, Hj. Iriana Joko Widodo dalam sambutannya di KKI 2020 Seri Ketiga.

"Pemerintah memberi banyak kemudahan. Kementerian, lembaga, Bank Indonesia, perbankan, BUMN dan lainnya juga mempunyai banyak program kewirausahaan, UMKM, termasuk, untuk kaum milenial yang memiliki gagasan dan karya-karya yang kreatif dan inovatif.. Mari kita dorong dan ciptakan budaya enterpreneur di kalangan anak-anak muda sebagai kekuatan perekonomian baru yang siap go global," sambungnya.

1. Segmen Milenial

Berbagai event menarik diselenggarakan khusus bagi segmen milenial, seperti Dialog Kopi, kompetisi latte art, Edukasi Onboarding, dan Business Coaching. Narasumber dipilih yang inspiratif bagi kalangan milenial, seperti Bapak Syafrudin (Ketua Umum SCAI), Bapak Junanto Herdiawan (Bank Indonesia), Barista Chicco Jerikho dan Yessylia Violin, pengusaha muda Aldi Raharja, Michael Chrisyanto, Mohamad Iqbal, Lutfiel Hakim, Agung Prakoso, Vanda Rainy, Ferly Novriadi hingga Rohadi Wijaya.

"Bonus demografi memposisikan peran penting milenial dalam ekonomi indonesia. Milenial akan menjadi motor penggerak new UMKM di masa kini maupun masa depan," ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo.

"Milenial yang mencintai produk dalam negeri akan menjadi potensi pasar yang sangat besar bagi UMKM kita. Di lain pihak milenial yang mempunyai jiwa yang tangguh dan budaya kewirausahaan yang tinggi akan menjadi sumber penciptaan enterpreneur baru yang unggul yang menjadi titik awal menjadi milenialispreneur go global," tambahnya.

2. Pagelaran Karya Kreatif

Pembukaan KKI 2020 Seri Ketiga ini juga menghadirkan Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dan Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar.

Pembukaan KKI semakin menarik dengan adanya Pagelaran Karya Kreatif yang mengangkat tema 'Bangkitkan Jiwa Muda, untuk Wastra Nusantara' yang menghadirkan desainer Tuty Adib yang mengangkat Songket Lunggi, produk UMKM Binaan BI Kalimantan Barat dan desainer Wignyo Rahadi yang mengangkat Batik Papringan Banyumas, produk UMKM Binaan BI Purwokerto.

Pagelaran Karya Kreatif juga dilakukan dengan tema 'Wastra Nusantara Balut Milenial Bergaya' yang akan menghadirkan desainer Didiet Maulana yang mengangkat kain tradisional Tenun Tanimbar produk UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku dan desainer Ayu Dyah Andari yang mengangkat kain Tenun Lurik produk UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI provinsi D.I. Yogyakarta.

Melalui KKI, UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh nusantara didorong untuk secara kontinyu melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar dan berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital, agar dapat menembus pasar internasional.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI