Keindahan Perut Bumi Indonesia Ini Bikin Takjub

Selasa, 18 Februari 2014 15:01 Penulis: Fajar Adhityo
Keindahan Perut Bumi Indonesia Ini Bikin Takjub


Kapanlagi Plus - Capek dengan rutinitas kantor dan membutuhkan sedikit relaksasi? Mungkin sudah waktunya kalian untuk menyusun berwisata ke mana.

Bosan dengan wisata alam yang itu-itu saja, mungkin kalian bisa mencoba untuk menjelajahi gua dan menikmati air terjun bawah tanah. Keindahan alam isi perut bumi yang membuat takjub seakan tak lelah memanjakan mata kita. Kejernihan air seakan menyegarkan pikiran kita setelah bertarung 9-4 jam sehari.

Berikut air terjun bawah tanah di Jawa yang akan membuatmu terpana dengan keindahannya. Angkat ranselmu dan mulailah petualanganmu!

1. Air Terjun Gua Cerme

Terletak di Dusun Srunggo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini terdapat gua yang memiliki air terjun yang menakjubkan.  Air terjun bawah tanah ini bernama Grojogan Sewu yang akan menyihir mata kalian akan keindahannya.

Ada sejarah di gua ini, konon nama Cerme ini diambil dari kata ceramah. Gua ini dulunya menjadi tempat pertemuan para wali untuk menyebarkan agama Islam.

Gua ini memiliki banyak persimpangan yang menyesatkan. Buat para pengunjung jangan khawatir tersesat, karena banyak pemandu yang baik hati mengantarkan wisatawan untuk masuk ke dalam gua.

2. Air Terjun Gua Pule Jajar

Wisata di Jogja memang banyak pilihan, dari pantai hingga gua pun siap memuaskan bagi mereka yang menyukai tantangan. Salah satunya adalah Gua Pule Jajar yang memiliki daya tarik melalui sungai bawah tanah berarus deras serta air terjunnya yang deras.

Sayangnya gua ini tidak bersahabat buat mereka yang bertubuh besar. Pintu gua yang sempit dan hanya bisa dilewati orang bertubuh kecil saja.

3. Air Terjun Go Seropan

Tantangan untuk menakhlukkan gua ini sangat sepadan dengan apa yang dituju. Air terjun setinggi 7 meter ini akan memuaskan dahagamu setelah berjuang memasuki celah gua yang gelap dan pengap.

Gua yang terletak di Desa Semulu Kecamatan Seamun, Yogyakarta ini memiliki kedalaman 60 meter dari permukaan tanah dan panjang 888 meter. Jangan khawatir tersesat atau takut, karena guide berpengalaman akan siap memandu.

4. Air Terjun Gua Petruk

Adanya batu yang menyerupai hidung tokoh pewayangan berhidung mancung, Petruk menjadikan pemilihan nama untuk gua ini. Gua Petruk disebut sebagai gua terindah di Indonesia, sayangnya gua ini tidak dibuka untuk umum.

5. Air Terjun Gua Buniayu

Beralih ke daerah Jawa Barat, kota Sukabumi tak kalah dengan keindahan bawah tanahnya yang menakjubkan. Selain memiliki sungai dan danau bawah tanah, gua yang terletak di Desa Kertangsana, Kecamatan Nyindung memiliki air terjun yang menakjubkan.

Deburan air yang jatuh membuat kita merasa segar, danau bawa tanah pun membuat kita merasa tenang dan santai. Ada banyak alternatif rute untuk menjelejahi gua ini yang dibagi dengan 3 level yaitu Wisatawan, Peminat Umum dan Peminat Khusus yang menyukai adrenalin akan tantangan.

(kpl/faj)

Editor:

Fajar Adhityo



MORE STORIES




REKOMENDASI