Keluarga Jokowi, Tinggi Namun Tetap Menginjak Bumi

Rabu, 19 Oktober 2016 08:18 Penulis: Guntur Merdekawan
Keluarga Jokowi, Tinggi Namun Tetap Menginjak Bumi
Jokowi © KapanLagi.com®

Kapanlagi Plus - Oleh: Guntur Ishtar Aria

Tahun 2014 silam, Joko Widodo alias Jokowi sukses memenangkan hati masyarakat Indonesia pada Pilpres atas pesaingnya, Prabowo Subianto. Pria asal Solo itupun akhirnya didapuk untuk memimpin Indonesia selama periode 5 tahun lamanya, yakni hingga 2019 mendatang.

Ada beberapa alasan kuat mengapa Jokowi dipilih oleh sebagian publik untuk menggantikan posisi dari Susilo Bambang Yudhoyono. Salah satu yang utama adalah sifat Jokowi yang sangat membumi dan doyan blusukan. Ya, pada kampanye-nya, Jokowi lebih sering turun ke jalan untuk bersosialisasi langsung dengan masyarakat dan mendengarkan keluhan mereka.

Nah, setelah Jokowi resmi menjabat jadi Presiden Indonesia, tentunya mata publik jadi banyak tertuju padanya, bahkan juga keluarganya. Seperti diketahui, pria yang ternyata juga seorang Metalhead itu memiliki seorang istri bernama Iriana dan juga 3 anak, Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Nah, jika kebanyakan dari kamu berpikir anak pejabat itu lekat dengan kehidupan yang mewah bergelimang harta, maka kamu salah. Ya, keluarga Jokowi, meski sudah mencicipi bagaimana rasanya tinggal di Istana Negara dan jadi sorotan publik, namun seperti Jokowi, mereka juga adalah sosok-sosok yang sangat membumi dan tidak doyan pamer kemewahan.

Keluarga JokowiKeluarga Jokowi

Mari kita bahas satu-persatu, yakni mulai dari sang putra sulung, Gibran. Banyak orang yang menyebut Gibran itu sosok yang sombong karena pelit senyum. Namun ketahuilah bahwa suami dari Selvi Ananda ini sejatinya adalah pria yang sangat mandiri alias tidak mau memanfaatkan jabatan ayahnya untuk meraup keuntungan pribadi.

Ya, di usia 20 tahun, Gibran sudah memulai bisnis sendiri, yakni catering Chili Pari. Kala itu, Gibran bahkan sama sekali tidak mau minta uang sang ayah untuk modalnya membangun bisnis. Ya, Ia lebih memilih ngutang ke Bank. Namun lihatlah, di usianya yang belum menginjak 30 tahun, Gibran sudah jadi salah satu pebisnis sukses di Solo, lewat Chili Pari-nya.

Pada Bulan Juni 2015 silam, Gibran mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Selvi Ananda. Tak seperti pernikahan anak-anak pejabat lain yang mewah, hari istimewa Gibran dan Selvi itu bisa dibilang dirayakan secara sederhana dan lebih tradisional. Meskipun begitu, undangan yang hadir mencapai angka ribuan, mengingat Gibran memang berstatus seorang anak Presiden.

Pernikahan Jokowi dan SelviPernikahan Jokowi dan Selvi

Anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu juga seperti sang kakak dan ayah. Dia adalah gadis yang sangat sederhana, entah itu dalam hal berpakaian atau gaya hidupnya. Seperti namanya, Kahiyang juga memiliki paras ayu yang Ia dapatkan dari ibunya.

Yang terakhir ada nama Kaesang Pangarep, sosok yang super gokil dan tak kalah apa-adanya dari kedua kakaknya. Kaesang malah awalnya dikenal netizen berkat cuitan-cuitan bernada galau dan ala-ala jonesnya. Nah, meski sudah jadi sosok yang terkenal, namun Kaesang ternyata tetap tidak jaim untuk terlihat galau dan jones di setiap kesempatan.

Keseruan Jokowi dan KaesangKeseruan Jokowi dan Kaesang

Kaesang sendiri saat ini tengah menempuh pendidikan di Singapura. Di sana, Ia tinggal di sebuah asrama yang sederhana. Kehidupan sehari-harinya pun bisa dibilang tak terlalu mewah. Semua kisahnya di sana selalu diceritakan lewat channel vlog di akun Youtube-nya yang bernama Kaesang.

Nah, sementara itu istri Jokowi, Iriana malah dijuluki sebagai Ibu Negara pertama yang sangat sederhana dan tak banyak neko-neko oleh kebanyakan orang. Entah ketika keluar bareng anak-anaknya hingga saat santai di rumah, Iriana selalu tampil dengan penampilan yang bisa dibilang biasa saja.

Melihat fakta-fakta di atas, tak salah jika keluarga Jokowi disebut sebagai keluarga yang masih 'menginjak bumi' meski saat ini posisinya sudah tinggi. Ya, Jokowi dan keluarga menepis pandangan miring publik tentang kehidupan para pejabat yang selalu lekat dengan imej mewah. Namun meskipun begitu, tetap saja ada minoritas yang menyebut semua yang ditunjukkan oleh Jokowi dan keluarganya itu sebagai pencitraan belaka dan sejenisnya.

Well, semua orang pasti punya pendapat sendiri-sendiri. Bagiamana menurut KLovers sendiri mengenai kesederhanaan Jokowi dan keluarganya ini? Jangan lupa tulis komentarmu ya! 

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI