Kenali Conchita Wurst, Wanita Berkumis Yang Sensasional!

Selasa, 13 Mei 2014 14:01 Penulis: Arai Amelya
Kenali Conchita Wurst, Wanita Berkumis Yang Sensasional!
via Daily Mail


Kapanlagi Plus - Dalam beberapa hari terakhir, sosok Conchita Wurst memang menjadi pembicaraan banyak pihak. Perempuan dengan wajah penuh kumis ini baru saja memenangkan event Eurovision Song Contest pada Sabtu (10/5) lalu di Kopenhagen, Denmark.

Penampilan Wurst dengan wajah penuh kumis memang menjadi ciri khas dirinya yang dikenali banyak orang. Bahkan penampilan unik itu membuat para penonton dari 45 negara pemirsa show tersebut memilih Wurst sebagai pemenang.

Semenjak itu banyak yang semakin penasaran dengan sosok Wurst. Terungkap pula bahwa Wurst ialah seorang transgender. Terlahir sebagai pria dengan nama Thomas Neuwirth, transgender berusia 25 tahun ini membuktikan bahwa dunia juga memahami bakatnya.

Dilansir Daily Mail, kamu bisa melihat bagaimana perubahan penampilan dirinya dari Thomas menjadi Wurst. Perjalanan hidupnya memang menimbulkan pro kontra, tapi dia membuktikan bahwa kemenangannya memberikan pengaruh besar. Jika disuruh memilh, kamu di pihak pro atau kontra nih?

1. Masa Kecil Conchita Wurst

Siapakah remaja cowok yang berpose ala wanita di foto ini? Dia adalah Thomas Neuwirth. Thomas adalah nama lahir dari Conchita Wurst. Pada tahun 2014 ini, Wurst genap berusia 25 tahun. Wurst adalah pemuda yang berasal dari sebuah desa bernama Bad Mitterndorf, Austria Selatan.

Rupanya semenjak masih kecil dulu, Wurst sudah gemar memakai pakaian ala wanita. Mengenai rumah di mana dia dilahirkan, Wurst memiliki sebuah rahasia. Di mana ada sebuah loteng yang menjadi saksi tempat Wurst menjadi dirinya sendir dengan memakai pakaian wanita.

2. Thomas Tahun 2006

Ini adalah penampilan Wurst saat dia masih menjadi Thomas Neuwirth. Foto ini diambil pada tahun 2006 yang berarti delapan tahun silam. Saat itu Thomas masih berusia 17 tahun. Sebagai remaja yang berusia 17 tahun, Thomas memiliki penampilan yang casual dan tampak selalu ceria.

Belum ada kumis  tebal yang menutupi wajah fresh Thomas. Senyum lebar Thomas bahkan sangat mirip sekali dengan dirinya saat kecil dulu. Disebutkan ketika masih remaja dulu, Thomas juga menikmati indahnya masa-masa penuh kesenangan. Dia lebih tampan tanpa kumis kan?

3. Jadi Anggota Boyband

Tahukah kamu ketika masih remaja dulu Thomas adalah seorang member boyband? Yap, sebelum dikenal sebagai wanita berkumis bernama Conchita Wurst, Thomas adalah member boyband Jetzt Anders.

Jetzt Anders sendiri merupakan nama dalam bahasa Austria. Yang dalam artian bahasa Inggrisnya adalah Now Different. Boyband Jetzt Anders itu rupanya dibentuk dari sebuah ajang pencarian bakat di Austria bernama Starmania. Saat bergabung dalam Jetzt Anders di tahun 2007, usia Thomas sudah menyentuh 18 tahun.

Namun saat itu dia masih  terlihat rapi tanpa kumis. Meskipun memang pilihan pakaian yang dia kenakan sudah mengarah ke konsep androgini.

4. Terakhir Jadi Thomas Neuwirth

Menjadi member dari Jetzt Anders, Thomas mulai merengkuh popularitas di Austria sana. Tak heran karena memang Jetzt Anders berhasil mencapai babak final dari ajang Starmania tahun 2007 itu. Semenjak itu, pergulatan batin Thomas dimulai. Di mana dia akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang transgender.

Resmi pada tahun 2011, Thomas mulai meninggalkan identitas lamanya. Saat itu dirinya memantapkan diri menjadi seorang transgender bernama Conchita Wurst. Untuk melengkapi penampilannya sebagai wanita, Wurst melakukan ekstensi rambut agar tampak panjang. Jadi, selamat tinggal Thomas Neuwirth!

5. Menangi Ajang Musik

Yap inilah sosok wanita berkumis yang penuh sensasi itu. Menjadi Conchita Wurst, dia tetap tidak menanggalkan 'sisa kejantanannya'. Sekalipun sudah memilih menjadi transgender, Wurst rupanya tetap menjaga kumis memenuhi wajahnya.

Dengan penampilan uniknya itu, Wurst tetap berjuang mencapai mimpi dalam bidang musik yang sesuai dengan karirnya. Dimulai pada tahun 2013, Wurst terpilih sebagai perwakilan Austria untuk kontes tahunan Eurovision tahun 2014 ini.

Hasilnya? Dia meraih kemenangan dan langsung menjadi sensasi global. Penampilan Wurst menyanyikan lagu Rise Like a Phoenix itu menarik perhatiaan 170 juta pemirsa di seluruh dunia.

6. Cantik Dengan Gaun Hijau

Beruntung bagi Conchita, sebagai seorang pria dia memiliki tubuh yang ramping. Sehingga saat dia memutuskan menjadi transgender, maka tubuh rampingnya seakan memperlihatkan dirinya seorang wanita tulen.

Saat mengikuti ajang Eurovision 2014, Conchita pun tampil cantik dengan gaun-gaun panjang yang membuatnya elegan. Rambut panjangnya terurai seakan membuktikan dia benar-benar wanita. Namun tetap dong, kumis dan jenggot adalah ciri khas Wurst. Kamu mau menggodanya?

7. Penampilan Saat 2012

Ini adalah penampilan Wurst pada tahun 2012. Atau setahun semenjak dirinya resmi memilih menjadi transgender. Karena pernah populer sebagai member boyband Jetzt Anders saat masih menjadi Thomas Neuwirth, Wurst juga tak lepas dari kehidupannya sebagai selebritis.

Kerap kali Wurst menghadiri berbagai event sosialita. Tak ada kata canggung dalam diri Wurst. Dengan kumis dan jenggot lebat di wajahnya itu, Wurst berpenampilan ala wanita yang anggun. Bahkan pilihan potongan rambut dan aksesoris serta make up seakan membuktikan jika Wurst memang siap menjalani kehidupan baru sebagai perempuan.

8. Kaya Mendadak

Kemenangan Wurst di Eurovision 2014 ini memang luar biasa. Ada 5.384.678 tweet di Twitter yang memilih Wurst sebagai pemenang. Sosok Wurst memang dianggap sebagai sebuah ikon penggebrak. Di mana setiap orang memiliki hak untuk menentukan dirinya sendiri.

Saat dipastikan menjadi pemenang, Wurst berbicara dalam pidatonya, "Kemenangan ini adalah karena kalian dan untuk kalian semua. Hal ini membuktikan bahwa masih ada kedamaian. Membuktikan bahwa kita semua tidak bisa dihentikan,"

Atas kemenangannya ini, Wurst meraih pendapatan mencapai GBP 25 juta (Rp 486 miliaran). Nilai sebesar itu menjadikan Wurst sebagai pemenang Eurovision terbesar kedua semenjak ABBA di tahun 1974 silam.

9. Setahun Lalu di Vienna

Foto ini diambil pada tahun 2013. Saat itu Wurst edang menikmati sebuah event di ibukota Austria, Vienna. Sebagai seorang transgender, Wurst memang dikaruniai tubuh bak wanita. Hanya kumis tebalnya saja yang membuktikan jika dia terlahir sebagai pria tulen.

Kemenangan Wurst memang tidak semua menyetujuinya. Ada yang mendukung, namun tak sedikit yang mencibir. Bahkan ada gerakan mencukur kumis yang dilakukan sekelompok orang demi memprotes kemenangan transgender yang memiliki suara sangat merdu itu.

Apapaun itu, Wurst berhasil membuktikan bahwa keberanian itu memang diperlukan. Bahwa akan ada orang-orang yang tidak mendukung dan mencibir keputusanmu. Namun ketika kamu yakin, percayalah dan teruslah berusaha. Karena usaha keras itu tidak pernah berbohong. Congrats untuk Wurst!

(dai/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI