Kenali Psoriasis, Penyakit Yang Serang Istri Cesar dan Kim K

Agista Rully | Senin, 06 Februari 2017 18:18
Kenali Psoriasis, Penyakit Yang Serang Istri Cesar dan Kim K
© istimewa

Kapanlagi.com - Baru-baru ini santer diberitakan bahwa istri komedian yang ngetop lewat acara YUK KITA SAHUR, Cesar, Indadari mengidap penyakit psoriasis. Nama penyakit ini memang menyeramkan tapi apakah psoriasis memang cukup mengkhawatirkan? Lalu apa saja gejala dan penyebab penyakit yang menyerang kulit ini?

Psoriasis merupakan penyakit auto imun yang bertahan lama dan ditandai dengan rasa gatal atau kemerahan pada kulit. Rasa gatal atau bekas luka kemerahan seperti terbakar ini memiliki bentuk yang beragam, mulai dari skala kecil hingga menyebar ke seluruh tubuh.

Kim Kardashian menderita psoriasis, penyakit kulit yang disebabkan oleh faktor genetik © skincare.netKim Kardashian menderita psoriasis, penyakit kulit yang disebabkan oleh faktor genetik © skincare.net

Psoriasis secara umum timbul karena faktor genetik namun gaya hidup juga dapat menyebabkan penyakit ini menjangkiti seseorang. Perubahan cuaca, tekanan psikologis, konsumsi alkohol, obesitas, dan juga merokok dapat menjadi faktor timbulnya penyakit yang disebabkan oleh sel T, sel darah putih yang berfungsi untuk mencegah infeksi pada tubuh, terlalu aktif sehingga kekebalan tubuh malah menurun.

Gejala yang sering ditemui pada penderita psoriasis adalah bercak kemerahan pada kulit yang tertutup oleh lapisan kulit mati. Bercak ini kadang terasa gatal dan dapat menimbulkan iritasi jika terlalu sering digaruk.

Britney Spears juga terlihat menderita psoriasis © sheknows.comBritney Spears juga terlihat menderita psoriasis © sheknows.com

Psoriasis biasanya muncul di bagian kulit kepala, tangan, kaki, punggung, dan juga kuku. Selebritis Hollywood sekelas Kim Kardashian dan Britney Spears juga menderita psoriasis. Psoriasis pada kedua selebritis ini tampak dari kaki mereka.

Meski belum ditemukan obat untuk menyembuhkan psoriasis, gejala penyakit ini dapat dikontrol dengan treatment tertentu. Salah satu cara untuk mencegah psoriasis semakin parah adalah konsumsi kunyit, vitamin, menghindari kulit kering dengan senantiasa menggunakan body lotion, mengurangi penggunaan parfum, diet sehat, dan sebisa mungkin menghindari stress. (kpl/agt)




PLUS TERKAIT

LATEST UPDATE




REKOMENDASI