Kenang Pengibaran Bendera Indonesia di Penutupan Asian Games 2014

Minggu, 02 September 2018 18:16 Penulis: Gogor Subyakto
Kenang Pengibaran Bendera Indonesia di Penutupan Asian Games 2014
Pengibaran Bendera Indonesia. Credit: Liputan6.com/Eko Purwanto


Kapanlagi Plus - Sebelum Indonesia, kota Incheon, Korea Selatan sempat dipilih menjadi tuan rumah Asian Games 2014 yang lalu. Ajang kompetisi tersebut digelar mulai dari tanggal 18 September hingga 4 Oktober 2014. Upacara pembukaan pun sempat dirayakan di Stadion Utama Asiad Incheon pada hari Jumat, 19 September.

Untuk event penutupannya sendiri digelar di tempat yang sama pada tanggal 4 Oktober 2018 oleh Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Ahmad Fahad al-Sabah dan pejabat tinggi negara Korea Selatan, setelah pertunjukan budaya yang mengesankan yang membuat penonton terpukau.

Diiringi dengan nyanyian resmi organisasi tersebut, penurunan bendera OCA pun sempat dilaksanakan. Momen tersebut merupakan tanda berakhirnya pesta olahraga se-Asia itu. Para kontestan dari 45 negara dan wilayah bersaing memperebutkan penghargaan tertinggi di 36 cabang olahraga.

Lihat Jadwal Upacara Penutupan Asian Games 2018  di sini.

1. Penutupan Asian Games 2014

Momen penutupan Asian Games 2014 tersebut mengangkat tema Our Cherised Memories of Incheon. Acara tersebut diisi dengan penampilan-penampilan yang bikin terpesona.

Mulai dari 'Rainbow Choir', National Dance Company of Korea, rombongan tari National Gugak Center dan demonstrasi seni bela diri tradisional Korea Taekwondo, yang merupakan olahraga medali di Olimpiade, dan pertunjukan oleh drummer Serotonin Club.

Tak sampai di situ saja, sederet bintang K-Pop pun juga ikut meramaikan momen penutupan Asian Games 2014 tersebut.

2. Pengibaran Bendera Indonesia

Selain penampilan-penampilan yang menakjubkan, acara penutupan Asian Games 2014 tersebut juga dihiasi dengan upacara pengibaran bendera Indonesia yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya. Bendera merah putih sempat disandingkan bersama bendera Korea Selatan dalam acara tersebut.

Hal ini merupakan sebagai simbol tuan rumah berikutnya untuk pesta olahraga tersebut adalah Indonesia, tepatnya Jakarta-Palembang, yang menjamu acara ini di tahun 2018.

3. Penyerahan Bendera dan Obor

Upacara penutupan Asian Games 2014 tersebut juga dihiasi dengan penampilan dari delegasi seni Indonesia menunjukkan tari Ronggeng dari Jawa yang diiringi lantunan orkestra 'The Colours of Jakarta', dan tari Melayu dengan lantunan lagu orkestra 'The Spirit of South Sumatra; yang diiringi permainan drum band Rampak Nusantara.

Tak sampai di situ saja, event tersebut juga menampilkan simbolisasi penyerahan the Games Flag dan Obor Asian Games dari Presiden Dewan Olimpiade Asia Sheikh Ahmad Fahad al-Sabah kepada anggota Komite Olimpiade Indonesia (IOC) pada saat itu, Rita Subowo dan Gubernur Sumatra Selatan, Alex Noerdin.

Momen tersebut merupakan simbolisasi pemindahan lokasi penyelenggaraan dari Incheon, Korea Selatan ke Jakarta-Palembang, Indonesia untuk Asian Games 2018.

(kpl/lip/ssm)

Editor:

Gogor Subyakto



MORE STORIES




REKOMENDASI