Kisah Belva Devara , Pendiri Ruangguru yang Kini Jadi Staf Khusus Jokowi

Jum'at, 22 November 2019 18:42 Penulis: Dhimas Nugraha
Kisah Belva Devara , Pendiri Ruangguru yang Kini Jadi Staf Khusus Jokowi
Adamas Belva Devara ©instagram.com/belvadevara


Kapanlagi Plus - Sosok Adamas Belva Devara mendadak muncul ke permukaan setelah namanya masuk ke dalam jajaran staf khusus Presiden Jokowi, bersama 6 orang lainnya. Pria 29 tahun ini merupakan pendiri dari aplikasi bimbingan belajar Ruangguru.

Bernama lengkap Adamas Belva Syah Devara, pria kelahiran 30 Mei 1990 ini merupakan lulusan dua kampus bergengsi dunia, yakni Standford University dan Harvard University.

Ia mendapat gelar MBA (Master Bussiness of Administration) di Standord University. Sedangkan di Harvard University, ia lulusan jurusan kebijakan publik.

1. Kembangkan Dunia Akademis

Belva kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studinya pada 2016 lalu. Ia kembali untuk membesarkan nama Ruangguru yang sebelumnya dikelola oleh sahabatnya, Iman Usman.

Mengutip dari Liputan6.com, alasan Belva memilih untuk mengembangkan aplikasi di bidang pendidikan, karena pentingnya dunia akademis.

"Pendidikan itu penting. Saya sekarang bisa sampai seperti saat ini karena termasuk orang yang peduli dengan pendidikan. Satu-satunya cara untuk menuntut juga hanya dengan pendidikan," kata Belva.

2. Makna Keluarga Bagi Belva

Terhitung sudah 14 tahun Belva jauh dari orangtua sejak memutuskan untuk pergi ke luar negeri. Oleh karena itu, ketika pulang ke Jakarta, ia selalu menyempatkan untuk menikmati waktu bersama keluarga di tengah kesibukannya.

Meski hanya sekedar menonton, atau makan bareng bersama keluarga, ia merasa sudah sangat bahagia. Selain itu, walaupun tak punya waktu khusus untuk liburan, Belva mengaku masih bisa berlibur ketika dirinya ada pekerjaan di luar kota atau luar negeri.

"Paling kalau liburan ya sekalian pas ada kerjaan aja, kayak minggu depan ini kan mau ke Manila, sekalian berlibur. Karena kalau khusus mempersiapkan waktu untuk liburan tidak bisa, menjadi founder saja sibuk banget," ungkap Belva.

3. Tak Akan Tinggalkan Ruangguru

Belva kini telah resmi menjadi salah satu dari tujuh milenial yang menjadi staff khusus Presiden Jokowi. Kendati demikian, ia mengatakan jika tak akan mundur dari posisinya di Ruangguru.

"Beliau berharap saya tidak tercabut dari akar saya di dunia teknologi/startup, dan dapat terus berkarya dan berinovasi bersama Ruangguru, sehingga juga dapat senantiasa memberikan masukan kepada Presiden terkait perkembangan teknologi terbaru yang lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat," ungkap Belva dalam unggahan instagramnya.

Belva Devara masuk dalam daftar 30 pengusaha muda paling berpengaruh di Asia oleh Forbes Magazine pada 2017.

(kpl/dim)

Editor:

Dhimas Nugraha



MORE STORIES




REKOMENDASI