Konfirmasi Lengkap KPK, Semua Foto Abraham Samad Cuma Editan!

Kamis, 15 Januari 2015 07:30 Penulis: Natanael Sepaya
Konfirmasi Lengkap KPK, Semua Foto Abraham Samad Cuma Editan!
Abraham Samad ©KapanLagi.com

Kapanlagi Plus - Ramai dibicarakan di dunia maya, Komisi Pemberantasan Korupsi angkat bicara terkait beredarnya foto-foto mesra ketua KPK, Abraham Samad dengan Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira Wirayanti. Dalam keterangan pers yang disampaikan wakil ketua KPK, Bambang Widjojanto menegaskan kalau foto yang beredar merupakan hasil rekayasa.

"KPK sudah melakukan analisis bahwa foto itu adalah foto editan atau foto hasil rekayasa. Itu menurut ahli yang kami miliki," ujar Bambang saat ditemui di Kantor KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/1).

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, dirinya berani mengatakan itu rekayasa, lantaran dirinya sudah memegang foto asli dari foto yang direkayasa itu. Dia pun menegaskan kalau bentuk fitnah seperti ini tidak akan membuat KPK mundur dengan semua program kerja yang ada.

"Kami mendapatkan foto aslinya yang direkayasa, jadi diganti muka orangnya jadi ketua KPK. Yang jelas, cara-cara fitnah sepeti itu tidak akan mungkin bisa meleburkan program KPK. Kami akan mengambil resiko dan bertanggung jawab atas fitnah-fitnah itu," ungkap wakil Abraham Samad tersebut.

Namun beliau masih berusaha mencari kebenaran identitas pelaku yang menebar fitnah di tubuh KPK saat ini. Meski sudah melakukan langkah-langkah yang dianggap efektif, pihak Bambang Widjojanto sendiri masih belum mengambil tindakan untuk melacak keberadaan si pelaku.

"Yang dilakukan KPK adalah mencari dan menghentikan cara-cara fitnah seperti itu. Sejauh ini kita hanya melakukan epil, tapi bukan tidak mungkin untuk melacaknya. Kita akan ambil langkah-langkah lanjutannya tapi belum dirumuskan dan diputuskan," ucap wakil ketua KPK tersebut.

Meski sudah berusaha dengan maksimal, Bambang sendiri masih ragu dengan teknologi yang dimiliki KPK untuk melacak si pelaku. "Sampai sekarang saya belum tau apa KPK sanggup melacak pelakunya. Tapi kami bisa menemukan bagaimana rekayasa foto itu bisa dilakukan. Memang sebaiknya hal-hal seperti ini bukan tanggung jawab KPK, itu bukan bagian KPK," tegas Bambang Widjojanto.

Dengan alasan masih banyak pekerjaan yang harus dikerjakan KPK, Bambang memilih untuk tidak melaporkan kejadian ini. "Yang bisa dijawab adalah, KPK sudah melakukan pemeriksaan dan mendapat hasil kalau itu cuma hasil rekayasa, hasil editan," tutupnya.

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya



MORE STORIES




REKOMENDASI