Konon Katanya, Ini 6 Jalanan Berhantu Paling Angker di Pulau Jawa

Kamis, 13 Agustus 2015 07:06 Penulis: Arai Amelya
Konon Katanya, Ini 6 Jalanan Berhantu Paling Angker di Pulau Jawa
Ilustrasi jalan raya berhantu ©thefreezer


Kapanlagi Plus - Untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain, kamu tentu butuh yang namaya jalan. Tak heran jika di Indonesia, khususnya pulau Jawa, ada banyak sekali jalan raya yang sengaja dibangun, mengingat negeri kita tercinta ini terdiri dari banyak sekali wilayah-wilayah. Penduduk pun tersebar tak hanya di perkotaan, melainkan sampai dusun terpencil yang butuh jalan raya untuk mencapainya.

Hanya saja jika membicarakan soal jalan raya, tak lepas dengan yang namanya insiden maut di sana. Dan insiden maut itu akhirnya turut andil dalam berkembangnya kisah-kisah angker sehingga membuat sebuah jalan raya menjadi berhantu dan ditakuti.

Tak percaya? Berikut sederet jalan raya di pulau Jawa yang konon katanya dianggap paling menakutkan. Dilansir berbagai sumber, apakah kamu yang pernah melintasi jalan-jalan ini mengalami kisah-kisah mistis? Berbagi di kolom komentar yuk!

1. Jalur Pantura

Sebagai jalur utama di pulau Jawa, Pantura (Pantai Utara Jawa) memang sudah dilintasi jutaan kendaraan setiap tahunnya. Namun di Pantura ada jalur yang rawan kecelakaan dan dijuluki jalur tengkorak yang salah satunya berada di jalanan Subang hingga Ciasem. Tetapi yang membuat jalanan itu terkenal tak hanya karena berbahaya, melainkan adanya sosok kuntilanak penunggu di sana.

Ada seorang sopir truk yang melintas saat malam hari, melihat seorang perempuan menyeberang. Kaget, sang sopir langsung menghentikan kendaraannya tetapi perempuan itu malah tertawa dan terbang. Bahkan sosok makhluk halus itu juga kerap berada di tengah jalan dan menatap horor pengemudi yang membuat kecelakaan. Apakah kamu percaya?

2. Jalur Cadas Pangeran, Sumedang

Di kawasan perbukitan Sumedang, ada jalur Cadas Pangeran yang dikenal cukup angker. Banyak sekali kasus pembunuhan sadis yang terjadi di kawasan itu sehingga cukup banyak mayat dalam kondisi mengenaskan yang ditemukan di sana. Karena hal itu, kawasan Cadas Pangeran menjadi daerah angker yang membuat siapapun ketir-ketir jika melintasi sendirian di malam hari.

Bentuk jalur yang melintasi perbukitan dan hutan gelap, membuat daerah itu semakin angker. Konon katanya, sosok pengganggu di Cadas Pangeran adalah sosok hantu perempuan cantik yang jika sedang jahat, bisa membuat pengendara kehilangan kendali dan tewas jatuh ke jurang.

3. Jalan Simpang Dago, Bandung

Di Bandung ada lokasi yang dianggap angker yakni perempatan Dago atau simpang Dago. Konon katanya dulu di daerah Dago banyak terjadi aksus pembunuhan. Sehingga banyak arwah penasaran yang terus menghantui sampai saat ini. Salah satu hantu yang cukup terkenal adalah hantu perempuan dengan baju serba hitam.

Disebutkan, sosok makhluk halus itu akan muncul saat sore hari waktu Adzan Maghrib berkumandang. Masyarakat setempat percaya, jika kamu berpapasan dengan sosok itu, jangan sampai melihat wajahnya. Karena jika kamu menatap wajahnya, sosok itu akan mengikutimu sampai di rumah dan menyebabkan berbagai hal sial. Apa benar?

4. Jembatan Semanggi, Jakarta

Kamu yang tinggal di Jakarta, tentu tahu dengan yang namanya jalan Semanggi. Di kawasan itu, ada jembatan Semanggi yang dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Sebagai bangunan lama, jembatan berbentuk mirip daun Semanggi yang berada di kawasan Setiabudi itu, telah menyimpan banyak sejarah Indonesia, termasuk sejarah kelam tragedi berdarah Semanggi.

Salah satunya adalah saat runtuhnya Orde Baru dan pemerintahan masih dalam masa transisi. Terjadi demo besar-besaran di jembatan Semanggi pada tahun 1998 itu dan mengakibatkan korban nyawa berhatuhan. Hal itu yang membuat banyak saksi sering melihat arwah gentayangan para korban tragedi Semanggi. Bau darah yang anyir bercampur dengan daging terbakar serta suara lolongan teriakan, konon menjadi hal biasa di jembatan Semanggi jika kamu melintas sendirian saat dini hari.

5. Jalanan Alas Bonggan, Jawa Tengah

Kalau kamu berkesempatan melintasi daerah Jawa Tengah, akan melewati sebuah hutan (alas) yang disebut alas Bonggan. Seperti lazimnya hutan-hutan di tempat lain, alas Bonggan pun tak lepas dari kisah mistis dan keberadaan kota gaib di sana. Tak heran, para sopir kendaraan malam harus menjaga kewaspadaannya saat melintasi alas Bonggan di malam hari, atau bisa-bisa tersasar ke kota gaib.

Banyak yang percaya jika alas Bonggan adalah sebuah kerajaan setan dan kota makhluk gaib yang tak bisa dilihat dengan mata biasa. Menjadi lokasi pemujaan dan para pencari pesugihan, ada kalanya sopir kendaraan malam mengalami kejadian seperti mesin mati, bau kemenyan semerbak atau penumpang perempuan cantik yang tiba-tiba muncul.

6. Jalur Tol Cipularang

Jalur tol Cipularang (CIkampek - PUrwakarta - padaLARANG) adalah jalanan yang menghubungkan Jakarta dan Bandung. Punya panjang 54 kilometer, Cipularang sudah 'memakan' banyak sekali korban jiwa. Salah satu dugaan angkernya jalanan ini karena Cipularang dibangun melintasi gunung Hejo yang oleh masyarakat setempat dianggap sebagai kerajaan mistis.

Terutama pada ruas KM 60 - KM 100, ada banyak cerita-cerita angker yang membuat pengendara harus waspada melintasi. Beberapa di antaranya adalah adanya mobil misterus yang selalu memberikan sorotan lampu padahal saat dilihat, tak ada satupun mobil di belakangnya. Lalu cerita penumpang misterius, hingga bau kemenyan di kilometer 64.

(kpl/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI