Lewat Masakan Padang, MakCiak Padukan Tradisi dan Inovasi Modern

Sabtu, 12 November 2022 14:30
Lewat Masakan Padang, MakCiak Padukan Tradisi dan Inovasi Modern
MakCiak


Kapanlagi Plus - Pasti kita udah nggak asing dengan masakan Padang atau biasa juga disebut makanan Minang. Nama masakan Padang sendiri adalah istilah untuk menyebut berbagai jenis warisan kuliner yang berasal dari wilayah Minangkabau, Sumatera Barat.

Jenis-jenis makanan yang khas dari Minangkabau seringkali lebih populer disebut dengan sebutan masakan Padang. Walaupun begitu, sebenarnya berbagai resep masakan yang berasal dari Sumatera Barat tidak keseluruhan berasal dari Kota Padang, akan tetapi ada yang berasal dari kota-kota lain di sekitarnya yang diantaranya Kota Payakumbuh, Padang Pariaman, Solok hingga Bukittinggi dan masih banyak lagi.

Daerah-daerah tersebut dikenal dengan tradisi kulinernya yang kaya dengan berbagai macam resep, sehingga memiliki banyak jenis makanan. Jenis-jenis menu masakan Padang diantaranya adalah seperti Rendang, Samba Buruak, Garang Asem Padang, Dendeng Balado, Gulai Itiak, Asam Padeh Tongkol, Gulia Tunjang, Gajeboh, Kapau dan masih banyak lagi.

Kemudian karena banyak orang Minang yang merantau ke luar daerah Minangkabau, masakan Padang menjadi dikenal hingga luar daerah bahkan seluruh daerah di Indonesia. Tak cuma itu, bahkan masakan Padang sudah dikenal hingga beberapa negara di luar negeri. Bahkan di tahun 2011 hingga 2019, Rendang dinobatkan sebagai peringkat pertama makanan terenak di dunia dalam World's 50 Most Delicious Foods versi CNN International. Sampai-sampai, di tahun 2018 lalu Rendang secara resmi juga ditetapkan sebagai satu dari lima kuliner nasional di Indonesia.

1. Memiliki Rasa Autentik

Terkenal dengan rasanya yang lezat, cara memasak masakan Padang disebut cukup rumit dan beberapa menu membutuhkan bahan-bahan yang terbatas bahkan terkadang sulit untuk didapatkan. Meskipun resep masakan Padang sudah diajarkan turun-temurun sampai banyak orang yang bisa memasaknya, namun ciri khas dari setiap tangan yang masak akan miliki cita rasa yang berbeda pula.

Restoran masakan Padang yang terkenal memiliki cita rasa yang autentik dan lezat adalah MakCiak. Berasal dari keluarga juru masak yaitu Aprizal dan keponakannya Iwan, MakCiak menyajikan cita rasa hidangkan yang kaya dan intens.

"Memasaklah dengan cinta, karna memasak mampu menguraikan masalahmu," kata Head Chef MakCiak, Aprizal.

 

2. Dibuat oleh Chef Berpengalaman

Berdiri sejak 2015 di jantung kota Jakarta, MakCiak merupakan restoran melek digital yang dikemas melalui konsep kekinian dengan memadukan tradisi dan inovasi modern. Melalui konsistensi cita rasa dan pelayannya, MakCiak sekarang berhasil punya 28 cabang dan hingga akhir tahun 2022 berencana untuk miliki50 cabang.

"Cintailah pekerjaan apapun yang sedang kamu hadapi, lakukan dengan senyum dan keikhlasan," sambung Aprizal.

Semua masakan MakCiak dibuat di Dapur MakCiak oleh chef berpengalaman, yang akan dikirim ke Kadai MakCiak dengan bahan dan bumbu berkualitas tinggi yang berasal dari Minangkabau demi menjaga keaslian rasanya. Selain itu, MakCiak menjunjung empat nilai yakni rasa yang kaya, pelayanan terbaik, harga yang terjangkau serta lokasi restoranyang mudah ditemui.

"Keberhasilan merupakan akumulasi dari air mata, keringat, dan penderitaan," jelas Aprizal.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI