Masjid Fatahillah, Wujud Nyata Hasil Kerja Ahok di Jakarta

Jum'at, 24 Maret 2017 08:35 Penulis: Iwan Tantomi
Masjid Fatahillah, Wujud Nyata Hasil Kerja Ahok di Jakarta
© Instagram.com/basukibtp

Kapanlagi Plus - Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Tak heran jika sebagian besar orang yang duduk di pemerintahan Jakarta juga adalah seorang muslim.

Sebagai sosok yang menjunjung tinggi toleransi beragama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok amat memahami hal tersebut. Maka, diutuslah Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI untuk mendirikan sebuah masjid di komplek balai kota.

Masjid Fatahillah dibangun Ahok agar semua Satuan Kerja Pegawai Daerah (SKPD) dan para tamu yang beragama Islam dapat beribadah dengan tenang dan nyaman.

Sebenarnya gagasan pembangunan sudah tercetus sejak Jokowi masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Namun baru bisa direalisasikan pada masa pemerintahan Ahok-Djarot.

Tempat ibadah yang dibangun dua lantai tersebut pembangunannya berbarengan dengan renovasi gedung Blok D dengan anggaran Rp18,8 miliar. Diperkirakan, masjid yang luas totalnya mencapai 410 meter persegi tersebut dapat menampung jemaat hingga 1.514 orang.

Bila diperhatikan secara saksama, bangunan Masjid Fatahillah didominasi oleh warna putih. Desainnya pun kelihatan begitu megah dengan satu menara.

Selain itu, ada juga tiang penyangga yang dilapisi marmer berwarna cokelat dan jendela  berornamen di lantai dua. Pembangunannya dipercayakan pada PT Ganiko, sedangkan pemilihan desain dilakukan oleh Ahok sendiri.

Lebih jauh, pasangan Djarot Saiful Hidayat di Pilkada DKI 2017 berharap jika pembangunan Masjid Fatahillah dapat membuat para PNS senantiasa mengingat Tuhan. Dengan begitu, semua dapat bekerja dengan sebaik mungkin tanpa diganggu hasrat untuk melakukan tindakan tercela, seperti KKN.

(kpl/tmi)

Editor:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI