Bikin Penasaran, Seperti Inikah Alat Pengaman Tertua di Dunia

Kamis, 18 Februari 2016 12:18 Penulis: Lusi Vita
Bikin Penasaran, Seperti Inikah Alat Pengaman Tertua di Dunia
Seperti inikah bentuk alat pengaman 200 tahun lalu ©Mirror.co.uk/Imgur.com

Kapanlagi Plus - Bagi pria atau wanita dewasa yang sudah menikah tentu tak asing lagi dengan benda yang satu ini. Di mana salah satu fungsinya kerap digunakan sebagai alat kontrasepsi atau pencegah kehamilan dan penularan penyakit kelamin. Yap, kondom atau alat pengaman ini memang salah satu ini memang kerap digunakan pasangan suami istri yang ingin mengendalikan atau merencanakan kehamilan.

Penggunaan alat pengaman yang satu ini bisa dibilang memiliki catatan sendiri di sepanjang sejarah perkembangan manusia di bumi. Bahkan kamu sendiri bakal kaget kalau ternyata penggunaan benda ini sudah dimulai sejak tahun 1490 di dataran Eropa dan Asia (China). Di mana, pada saat itu penyakit kelamin jenis sifilis sedang merebak dan menular ke sebagian masyarakat kedua benua pada waktu itu.

Sebuah fakta yang cukup mengagetkan bukan bila pengendalian angka kelahiran dan pencegahan penyakit menular sudah dilakukan sejak 600 tahun-an yang lalu kan. Nah, dari fakta ini tentu kamu penasaran bukan kira-kira seperti apa sih bentuk dan rupa alat pengaman saat itu, seperti dilansir melalui Mirror.co.uk.

Inilah penampakan alat pengaman tertua di dunia berusia 200-an tahun ©Mirror.co.ukInilah penampakan alat pengaman tertua di dunia berusia 200-an tahun ©Mirror.co.uk

Tentu saja, kalau secara bentuk, bahan dan kemasan pastinya jauh berbeda dari yang dijual di pasaran saat ini. Sebab kini pastinya jauh lebih beragam dan disesuaikan sekali dengan permintaan pasar. Apalagi sekarang, alat pengaman ini dibuat dari berbagai bahan serat karet alami seperti halnya lattex, bahan sintetis, atau bahkan terbuat dari kulit domba.

Sedangkan pada zaman dulu alat pengaman tersebut kebanyakan terbuat dari isi perut (usus) domba atau kambing. Di mana, kini alat pengaman tertua di dunia yang pernah ada sampai laku terjual baru-baru ini dengan harga sekitar 462 Poundsterling (sekitar Rp 8,9 juta).

Wah, bagaimana kira-kira bentuknya ya? Jelasnya sih bentuk masih sangat konvesional sekali. Bahkan bila dilihat dari gambar di atas, alat pengaman tersebut seperti masih terhubung dengan kain berkaret yang dijahit secara khusus. Unik bukan bentuknya? Tapi kalau sekarang dijual yang seperti itu sih bakal kalah saing dengan alat pengaman masa kini deh. Bagaimana menurutmu?

(mir/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI