Hukuman Bagi Pemerkosa di Berbagai Negara (II)

Kamis, 07 Februari 2013 11:01 Penulis: Dewi Ratna
Hukuman Bagi Pemerkosa di Berbagai Negara (II)
istimewa


Kapanlagi Plus - Di berbagai belahan dunia, pasti ada yang namanya tindak kejahatan dan undang-ungang yang mengatur hukumannya. Pemerkosaan termasuk salah satu bentuk kejahatan yang paling keji yang dilakukan di muka bumi ini.

Pemerkosa memang seharusnya mendapat hukuman yang tak main-main. Namun, di setiap negara, hukuman yang diberikan berbeda-beda. Apa dan di mana saja? Mari simak halaman berikut ini...

1. Spanyol

Untuk perbuatan sekeji pemerkosaan, negara ini hanya mengganjar pelakunya dengan empat hingga sepuluh tahun penjara. Apakah menurut Anda angka tersebut cukup untuk membuat jera orang yang melakukan kejahatan tersebut?

2. Australia

Negara yang satu ini membagi berat hukuman untuk kasus pemerkosaan ke dalam beberapa jenis, masing-masing sebagai berikut:

  • Mencoba untuk melakukan perkosaan: Hukuman maksimal jika ditemukan bersalah mencoba dan melakukan pemerkosaan adalah 14 tahun penjara.
  • Menyerang dengan maksud untuk melakukan pemerkosaan: Hukuman maksimal jika terbukti bersalah melakukan percobaan perkosaan adalah 14 tahun penjara.
  • Menyerang secara seksual, bukan melakukan perkosaan: Hukuman maksimal jika terbukti bersalah melakukan penyerangan seksual adalah 10 tahun penjara.

3. Rusia

Negara ini memberi minimal hukuman lima tahun dan sepuluh tahun untuk pelaku perkosaan yang menyebabkan korbannya celaka. Apakah hukuman tersebut layak?

4. China

Di negara ini, berhubungan seksual dengan gadis di bawah 14 tahun sudah bisa dimasukkan sebagai tindakan perkosaan. Hukuman yang diganjarkan untuk kasus yang satu ini lebih berat dalam kisaran hukuman untuk pemerkosaan yang lain.

Melakukan perkosaan di China dapat dijatuhi hukuman tiga hingga sepuluh tahun penjara. Namun jika salah satu dari daftar 'situasi serius' seperti yang dijabarkan dalam UU RRC Pidana terjadi, maka hukumannya sepuluh tahun sampai hukuman mati.

'Situasi serius' yang dimaksud meliputi:

  • Memperkosa perempuan atau anak di bawah umur
  • Memperkosa sejumlah wanita atau anak perempuan di bawah usia empat belas
  • Memperkosa seorang wanita di depan umum
  • Memperkosa secara bergilir oleh lebih dari dua pelaku
  • Menyebabkan cedera serius atau kematian korban atau konsekuensi serius lainnya

5. Pakistan

Hukuman bagi seseorang yang melakukan hubungan seks di luar perkawinan akan ditindak pidana hingga lima tahun penjara dan denda seperti yang telah ditentukan. Sedangkan untuk kasus pemerkosaan, akan dihukum selama 10 sampai 25 tahun penjara.

6. Arab Saudi

Tak tanggung-tanggung, pemerintah Arab Saudi bakal menjatuhkan hukuman mati untuk mereka yang berani melakukan tindakan perkosaan di negara tersebut. Kejahatan yang keji memang harus mendapat ganjaran yang setimpal.

7. Iran

Sama seperti di Saudi Arabia, pemerintah Iran juga menjatuhkan hukuman mati untuk mereka yang berani melakukan tindakan perkosaan di negara tersebut. Sekali lagi, kejahatan yang keji memang harus mendapat ganjaran yang setimpal.

8. Irak

Sama-sama hukuman yang berat, namun di Irak lebih mengerikan. Pelaku perkosaan bakal dihukum seumur hidup, yang berarti ia harus menghabiskan sisa hidupnya di balik jeruji besi, tanpa bisa lagi melihat dunia luar.

9. Afganistan

Hukuman mati juga diterapkan bagi pelaku perkosaan di negara ini. Pemerintah mengganjar penjahat tersebut dengan dua cara untuk mati, hukuman gantung, atau tembak. Apakah hukuman ini cukup membuat orang-orang takut untuk melakukan tindak kejahatan pemerkosaan?

10. India

Negara ini membagi hukuman terhadap kejahatan seksual menjadi beberapa jenis seperti berikut ini:

  • Perkosaan terhadap wanita di bawah dua belas tahun: penjara minimal sepuluh tahun. Namun jika pelaku sanggup bertanggung jawab dan pengadilan menyetujinya, dengan alasan yang masuk akal, maka hukuman penjara bisa kurang dari sepuluh tahun.
  • Perkosaan terhadap wanita yang menyebabkan hamil: penjara minimal sepuluh tahun. Namun jika pelaku sanggup bertanggung jawab dan pengadilan menyetujinya, dengan alasan yang masuk akal, maka hukuman penjara bisa kurang dari sepuluh tahun.
  • Perkosaan secara berkelompok: penjara minimal sepuluh tahun. Namun jika pelaku sanggup bertanggung jawab dan pengadilan menyetujinya, dengan alasan yang masuk akal, maka hukuman penjara bisa kurang dari sepuluh tahun.
  • Percobaan perkosaan: penjara minimal sepuluh tahun, dan juga dikenakan sanksi denda

Hukuman yang dijatuhkan memang sama, namun akan ada hal-hal yang dijadikan pertimbangan untuk berat hukuman.

HUKUMAN BAGI PEMERKOSA DI BERBAGAI NEGARA (I)[break]

(kpl/dew)

Editor:

Dewi Ratna



MORE STORIES




REKOMENDASI