Advertorial

Mau Sukses dan Jadi Panutan Banyak Orang? Jadi Trend-Setter Adalah Kuncinya!

Penulis: Iwan Tantomi

Diterbitkan:

Mau Sukses dan Jadi Panutan Banyak Orang? Jadi Trend-Setter Adalah Kuncinya! Credit via Shutterstock.com

Kapanlagi.com - Pernah dengar istilah trend setter? Buat kamu yang belum tahu, trend setter adalah seseorang atau sesuatu yang memulai atau membantu mempopulerkan tren baru, gaya, gerakan, dan sebagainya. Seorang trend setter biasanya jadi pionir yang bisa ngasih pengaruh tren dan gaya yang diikuti oleh orang lain, seperti di industri mode, musik, teknologi, atau bidang lainnya.

Ambil contoh di industri mode, seorang yang bisa jadi perintis dan mampu mempopulerkan gaya atau desain tertentu dan diikuti oleh banyak orang, maka ia layak disebut trend setter. Hal penting apa yang harus kamu miliki biar bisa jadi seorang trend setter?

Aktif, Kreatif dan Orisinal dalam Berkarya

Credit via Shutterstock.com

Trend setter adalah goals saat kamu bisa aktif, kreatif, dan orisinal saat berkarya. Gimana caranya biar aktif berkarya? Kamu bisa terus cari inspirasi dengan hadir di acara seni, pameran atau pertemuan yang punya minat sama denganmu. Selain itu, kamu bisa gabung dengan komunitas yang bisa nerima kamu buat kolaborasi lewat proyek kreatif. Lalu, jangan tingkatin keterampilan dan wawasan dengan sering ikutan workshop di bidang yang kamu minati.

Setelah itu, kamu bisa mulai gali ide yang out of the box. Jangan batasi diri, jelajahi internet, buku, pameran atau kegiatan lain buat nambah wawasan dan dapetin inspirasi baru. Nggak kalah penting, jaga konsistensi dalam ciptain ide-ide baru. Lakuin hal itu dengan disiplin dan tekun.

Sedangkan orisinalitas bisa kamu dapetin dengan ciptain karya yang benar-benar jadi cerminan diri dan visimu, jadi bukan cuma niru tren yang ada aja. Gabungin beragam inspirasi buat ciptain suatu yang unik dan orisinal. Nggak perlu alergi nerima masukan dan kritikan, tinggal lakuin dengan bijak sambil pertahanin orisinaslitas dalam berkarya.

Punya Ambisi Tinggi Buat Raih Kesuksesan

Credit via Shutterstock.com

Selain itu, trend setter adalah pencapaian bagi orang-orang yang punya ambisi. Kamu bisa dapetin ambisi tinggi buat raih kesuksesan dengan beberapa langkah. Pertama, tentuin tujuan yang ingin kamu capai dan tetap fokus pada pencapaian itu. Lalu, bikin visi jangka panjang, karena bisa banu kamu pertahanin ambisi yang tinggi.

Ambisi yang tinggi seringnya perlu keberanian buat ambil risiko dan melangkah di luar zona nyaman. Selain itu, lihat kegagalan sebagai peluang buat belajar dan tumbuh. Serta, bergaullah dengan orang yang bisa dukung dan motivasi kamu buat capai tujuan. Dengan langkah-langkah itu, ambisi tinggi buat raih kesuksesan dan jadi trend setter bisa kamu wujudin.

Punya Pengaruh Buat Dapetin Pengakuan

Credit via Shutterstock.com

Nggak sampai di situ, dalam arti lain trend setter adalah caramu dalam bangun pengaruh biar bisa dapetin pengakuan dari orang. Bangun pengaruhmu dengan kontribusi di bidang yang kamu mau atau minati secara konsisten. Hal itu bisa bangun pengaruh sekaligus reputasimu. Lalu, bangun hubungan yang kuat dengan orang-orang di bidang yang relevan. Hal itu bisa bantu perluas pengaruhmu, agar kamu bisa dapetin pengakuan.

Selain itu, jangan ragu berbagi ilmu dan pengalamanmu. Lakuin lewat berbagai platform, biar bisa ningkatin pengaruh, sekaligus dapetin pengakuan dari orang lain. Nggak kalah penting, ciptain karya-karya berkualitas dan orisinal, karena bisa ningkatin pengaruh sampai dapetin pengakuan dari komunitas atau industri yang kamu geluti. Dari situlah trend setter akhirnya terbangun.

Selalu Inovatif dan Berani Ambil Risiko

Credit via Shutterstock.com

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, trend setter adalah buah buat orang-orang yang selalu inovatif dan berani ambil risiko. Gimana caranya biar bisa inovatif setiap waktu? SIfat inovatif ini bisa kamu bangun dengan gali inspirasi dari berbagai sumber, seperti buku, artikel atau bahkan diskusi. Biasain pula buat berpikir out of the box.

Jika kamu punya tim atau kerja secara berkelompok, bangun lingkungan kerja yang bisa dukung kreativitas, inovasi dan bertukar ide. Jangan takut ambil risiko buat cobain hal baru, dan belajar dari kegagalan biar kamu terus berkembang. Selain itu, jangan ragu buat interaksi dengan orang-orang dari latar belakang berbeda, biar buka wawasan dan picu ide-ide baru. Sesibuk apapun dirimu, selalu ambil jeda dan istirahat secara teratur. Tujuannya biar pikiran segar dan bisa mikir hal-hal baru yang lebih kreatif.

Bisa Baca Tren Pasar dan Kebutuhan Konsumen

Credit via Shutterstock.com

Last but not least, trend setter adalah pencapaian buat orang-orang yang bisa baca tren pasar dan kebutuhan konsumen. Gimana caranya? Kamu bisa belajar komunikasi yang baik dengan konsumen, bangun hubungan yang kuat dengan konsumen, pahami keinginan konsumen, sampai cari tahu langkah seperti apa yang sudah dilakuin kompetitor. Hal-hal itu bisa bantu kamu terbiasa baca tren pasar dan tahu kebutuhan konsumen.

Setelah itu, lakuin analisis pasar buat bantu pahami kebutuhan dan permintaan pasar. Pahami pula kompetitor dan posisi bisnis kamu. Dengan cara itu, kamu bisa bikin karya atau produk yang relevan dan bisa penuhi permintaan konsumen. Kamu juga bisa cari tren atau kata kunci di mesin pencari internet atau media sosial, karena bisa bantu kamu pahami tren saat ini. Hasilnya, kamu jadi bisa berinovasi, biar konsumen nggak bosan sekaligus nggak beralih ke produk kompetitor. Jika semua langkah itu bisa kamu terapin, bukan mustahil bagimu buat jadi trend setter berikutnya!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi

Rekomendasi
Trending