Mengenal Ketiga Anak Jokowi dan Arti Nama Keren Mereka

Selasa, 21 Oktober 2014 14:10 Penulis: Arai Amelya
Mengenal Ketiga Anak Jokowi dan Arti Nama Keren Mereka
Jokowi dan keluarganya foto via Merdeka

Kapanlagi Plus - Senin (20/10) pagi kemarin, Indonesia resmi memiliki Presiden baru. Joko Widodo, pria kelahiran Surakarta itu akhirnya resmi menggantikan posisi Susilo Bambang Yudhoyono. Bertempat di Gedung MPR RI, Jokowi dan pasangannya, Jusuf Kalla, mengucap janji dan sumpah jabatan sebagai Presiden sekaligus Wakil Presiden Republik Indonesia.

Dianggap sebagai tokoh harapan bangsa, suami dari Iriana itu akhirnya mewujudkan impiannya sebagai pemimpin Indonesia. Ketika Jokowi terpilih, publik pun tak bisa melepaskan rasa penasaran dari sosok keluarganya. Tentu kalau soal Jokowi kamu sudah sangat tahu. Begitu pula dengan sosok sang istri, Iriana. Resmi menjadi suami istri pada 24 Desember 1986, Jokowi dan Iriana dikaruniai tiga orang putra. Nah, sekarang kenalan dengan ketiga anaknya yuk.

1. Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka foto: istimewaGibran Rakabuming Raka foto: istimewa


Dia adalah anak sulung dari Jokowi. Gibran lahir pada 1 Oktober 1987 di masa Jokowi memulai usaha sendiri mendirikan pabrik kayu di Solo. Masuk SMP, Gibran memilih sekolah SMP dan SMA di Singapura dan lanjut kuliah di Universitas Teknologi Insearch, Sydney - Australia. Lulus kuliah, Gibran kembali ke Solo dan memulai usaha catering bernama Chilli Pari. Empat tahun berjalan, Gibran kini sukses sebagai pengusaha catering dengan omzet ratusan juta rupiah tanpa bantuan sang ayah.

Nama Gibran Rakabuming Raka seolah melambangkan doa dari kedua orangtuanya. Gibran bisa diartikan sebagai pria yang pandai, simple dan apa adanya. Lalu Raka bisa berarti keteguhan dan kebijaksanaan sementara Bumi adalah tanah. Jadi bisa dibilang Gibran Rakabuming Raka adalah pria yang pandai, teguh dan bijaksana tetapi tetap apa adanya dan membumi (tidak sombong). Terbukti kendati dia seorang pengusaha muda yang sukses, Gibran masih tetap sederhana dan memilih tidak ingin disorot atau membanggakan punya ayah Presiden.

2. Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu foto: Instagram Kahiyang AyuKahiyang Ayu foto: Instagram Kahiyang Ayu


Kahiyang Ayu adalah putri satu-satunya Jokowi. Terlahir pada tahun 1991, wanita yang sering dipanggil mbak Ayang ini adalah lulusan teknologi pangan dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Dari segi fisik, Ayang memang paling mewarisi kecantikan sang ibu. Ayang memiliki tubuh yang sedikit bongsor tetapi wajah yang imut dan pipi yang chubby. Perangai sederhana masih tetap bisa kamu lihat dari wanita berusia 23 tahun ini.

Ditilik dari arti namanya, Kahiyang Ayu memang mempunyai nama yang sangat Jawa. Di mana Ayang bisa berarti sayang atau yang tersayang dan Ayu semua orang juga sudah tahu itu bermakna cantik. Jadi, Kahiyang Ayu adalah wanita tersayang yang cantik. Tentu saja dia menjadi sosok kesayangan Jokowi dan Iriana serta kedua saudara laki-lakinya yang akan selalu menjaga Ayang sampai dia menemukan sosok pria istimewa kelak.

3. Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep foto: Instagram Kaesang PangarepKaesang Pangarep foto: Instagram Kaesang Pangarep


Kaesang adalah si bungsu putra Presiden Jokowi dan ibu Iriana. Pemuda berkacamata ini bisa dibilang yang paling berbeda dibandingkan kakak-kakaknya. Kaesang memang masih muda. Lelaki yang berkuliah di Singapura ini baru akan berusia 20 tahun pada 25 Desember nanti. Bisa dibilang, Kaesang adalah putra Presiden yang paling kocak dan konyol. Belum lagi kegemarannya melatih otot di pusat kebugaran membuat Kaesang memiliki tubuh kekar meresahkan berbeda jauh dengan sang ayah Jokowi atau kakaknya, Gibran.

Dalam bahasa Vietnam, nama Sang bisa berarti bangsawan laki-laki. Namun jika dilihat dari keturunannya di mana Jokowi berdarah Jawa, maka nama Kaesang Pangarep besar kemungkinan berarti sosok yang diarep-arep (dinanti-nanti). Kae = itu, Sang = yang, Pangarep = Diarep-arep. Jadi kalau digabungkan bisa saja Kaesang Pangarep adalah bangsawan laki-laki yang dinantikan. Hmm, memang sih dengan usia yang masih muda, bersifat kocak dan ramah membuat banyak gadis yang menanti dan jatuh hati pada Kaesang. Kamu juga?

(kpl/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI