Menyusul MH-17, Pesawat TransAsia Juga Hancur Berkeping-Keping

Kamis, 24 Juli 2014 13:05 Penulis: Guntur Merdekawan
Menyusul MH-17, Pesawat TransAsia Juga Hancur Berkeping-Keping
Pesawat TransAsia Airways

Kapanlagi Plus - Bulan Juli diwarnai dengan tragedi. Setelah dunia dibuat menangis oleh insiden jatuhnya pesawat Malaysia Airlines di Ukraina beberapa waktu lalu, kali ini sebuah pesawat penerbangan Internasional lain, TransAsia Airways juga memakan korban.

Salah satu pesawat dengan nomor penerbangan GE222 baru saja hancur berkeping-keping di dekat Bandara Magong, kepulauan Penghu. Ceritanya, pesawat tersebut dikabarkan tengah mencoba sebuah pendaratan darurat namun gagal. Hal itu menyebabkan pesawat mendarat dengan tak sempurna dan terbentur keras, sebelum terbakar dan hancur.

Menurut laporan situs BBC, setidaknya ada 40 orang yang telah kehilangan nyawanya. Jummlah penumpang di dalam pesawat itu sendiri adalah 58 kepala, di antaranya 54 penumpang dan 4 awak pesawat.

Kondisi pesawat setelah jatuh/AFP©Kondisi pesawat setelah jatuh/AFP©

saat ini lokasi kejadian tengah dipenuhi dengan puing-puing pesawat yang hancur berantakan. Sekitar 200 personel militer bersama pihak keamanan setempat juga membanjiri lokasi demi usaha menyelamatkan para penumpang yang mungkin masih selamat. Setidaknya usaha mereka berhasil menemukan 11 orang dengan luka-luka parah untuk segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Beberapa keluarga korban yang mendengar berita duka tersebut tak pelak langsung berbondong-bondong datang ke bandara. Walhasil, sebuah suasana tangis haru dan sedih terlihat di sepanjang hall bandara, tempat penjualan tiket, hingga bagian informasi.

Tangis histeris keluarga Korban/Reuters©Tangis histeris keluarga Korban/Reuters©

Taiwan sendiri dalam beberapa waktu terakhir dihantui oleh serangan angin topan yang menyebabkan beberapa penerbangan pesawat lain harus digagalkan. Pada hari kejadian jatuhnya pesawat GE222 sendiri (23/7), angin topan sudah tak lagi terlihat, namun hujan badai yang cukup deras datang sebagai gantinya.

Kejadian ini tentu menambah duka dunia setelah tragedi-tragedi lain seperti serangan udara Israel ke Gaza dan Jatuhnya pesawat Malaysia Airlines juga memakan jumlah korban yang tak sedikit. Mari kita berdoa untuk para korban pesawat tersebut dan semoga tak ada lagi tragedi pilu lain yang akan terjadi ke depannya.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI