Momen-Momen Unik Jelang Pengumuman Pilpres Indonesia

Rabu, 23 Juli 2014 06:01 Penulis: Mahardi Eka Putra
Momen-Momen Unik Jelang Pengumuman Pilpres Indonesia
dok. AFP


Kapanlagi Plus - Tahun 2014 menjadi tahun politiknya Indonesia karena di tahun inilah masyarakat berpartisipasi dalam pemilihan presiden untuk periode 2014-2019. Setelah memberikan suara pada tanggal 9 Juli lalu, masyarakat pun menunggu KPU sebagai penyelenggara Pilpres untuk mengumumkan pasangan mana yang menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang baru.

Ada banyak ragam aktivitas yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam menyambut pengumuman hasil Pilpres 2014. Ini yang unik dan terekam kamera, dari yang penuh ketegangan sampai yang menerbitkan senyum.

1. Merapatkan Barisan

Suasana pilpres tahun ini sempat memanas sebab kedua pasangan capres-cawapres sama-sama mengklaim kemenangan lewat hasil quick count versi masing-masing. Periode penghitungan suara mulai 9-22 Juli pun menjadi menegangkan. Bahkan ada rumor yang menyatakan bahwa akan ada gerakan massa turun ke jalan pada hari pengumuman pemenang Pilpres. 

Oleh karenanya aparat keamanan pun merapatkan barisan di luar gedung KPU di Jakarta mulai Senin (21/07) untuk mencegah gerakan massa yang berpotensi kerusuhan terjadi. Harus diakui bahwa pilpres kali ini adalah pilpres paling menegangkan sejak kejatuhan Suharto di tahun 1998. 

Gedung KPU yang menjadi pusat penghitungan suara pun menjadi tempat yang paling dijaga ketat. Tidak boleh ada celah sedikit pun bagi oknum-oknum yang ingin mengganggu jalannya proses penghitungan suara. 
 

2. Berseru Kepada Tuhan

Seperti dijelaskan sebelumnya, pilpres 2014 menjadi gelaran politik paling akbar dan juga menegangkan tahun ini. Kedua capres cawapres yang bertanding pada tahun ini, Prabowo Hatta dan Jokowi Kalla sama-sama kuat dan punya pendukung idealis.

Satunya mantan jendral besar di era Soeharto sedangkan satunya lagi adalah sosok fenomenal yang tenar dengan gaya blusukannya. Karena sama kuat, tak heran keduanya pun saling klaim kemenangan dengan berdasar pada hasil quick count versi mereka masing-masing.

Karena sama kuat tersebut, salah satu pendukung Jokowi merasa perlu untuk berseru kepada Tuhan supaya pasangan capres cawapres yang didukungnya menjadi pemenang dalam Pilpres kali ini.

 

3. Berkumpul Lebih Seru

Kedua pasangan capres cawapres secara terbuka menghimbau agar para pendukungnya tak perlu sampai turun ke jalan di hari pengumuman hasil pilpres oleh KPU, Selasa (22/07). Masyarakat diminta untuk tetap beraktivitas seperti biasa pada hari itu. 

Namun agaknya beberapa pendukung dari capres cawapres yang menganggap bahwa berkumpul bersama rekan-rekan pendukung lainnya terasa lebih seru. Seperti yang dilakukan oleh pendukung pasangan Jokowi JK ini. Sejak pagi para pemuda Ansor ini berkumpul dan merayakan hari pengumuman hasil Pilpres. Mereka optimistis pasangan yang mereka dukung akan keluar sebagai pemenangnya.

Turun ke jalan asal tertib dan teratur boleh dong. Seperti para pemuda Ansor ini.

4. Berdagang Jalan Terus

Suasana di sekitar gedung KPU terasa sangat menegangkan. Tak hanya dijaga ketat oleh barisan polisi, di sekitar gedung pun dipagari oleh kawat berduri. Penjagaan ekstra ketat ini bukan tanpa sebab. Ada banyak rumor yang berkembang bahwa Selasa (22/07) akan ada gerakan turun ke jalan besar-besaran.

Ketegangan boleh dirasakan polisi di gedung KPU. Mereka berjaga dari pagi hingga berlangsungnya pengumuman hasil pilpres 2014, tapi tidak dengan pedagang minuman hangat satu ini. Ia dengan santai berkeliling gedung untuk mencari konsumen. 

Baginya, siapa pun yang menang sama saja, yang penting ada yang mau beli dagangannya.

 

5. Cukur Rambut

Ada banyak cara untuk mendukung pasangan capres cawapres. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan mudah dan murah meriah. Yup, para simpatisan dari pasangan Jokowi JK ini mencukur rambut mereka. Beberapa di antaranya bahkan sampai memangkas habis rambutnya.

Tak sia-sia pengorbanan mereka tersebut sebab pasangan Jokowi JK lah yang akhirnya keluar sebagai pemenang Pilpres 2014. Pasangan tersebut menang dengan peroleh suara 70 juta lebih, itu mencakup 53 persen lebih jumlah pemilih pada pilpres tahun ini.

Simpatisan senang, yang mencukur tentunya lebih senang lagi karena banyak pelanggan di hari itu.

6. Doa Bersama Untuk Pemenangan

Siapa pendukung paling besar bagi pasangan capres dan cawapres? Tentu saja adalah keluarga mereka. Para keluarga lah yang selalu memberikan dukungan penuh kepada masing-masing pasangan. Tanpa kehadiran mereka, para pasangan capres cawapres pastilah berat menjalani persaingan yang ada dalam pilpres.

Salah satu potret dukungan keluarga capres cawapres ditunjukkan oleh ibu dari Jokowi, Sudjiatmi (kiri) yang mengadakan doa bersama di kediamannya di Solo. Jarak memang memisahkan ia dan putranya tersebut, tapi doa bersama dengan para kerabat membuatnya tenang dan pastinya sangat besar artinya untuk Jokowi.

Doa ini dilakukan tepat di hari pengumuman hasil Pilpres. Harapannya hasil yang akan diumumkan KPU akan menjadi hasil terbaik bagi Jokowi dan juga bangsa.

7. Bersantai Berbuka Bersama

Pengumuman hasil perhitungan suara pilpres sejatinya diadakan pada hari Selasa (22/07) pada pukul 16.00 WIB. Namun hingga waktu berbuka, KPU belum mengumumkan siapa yang menjadi pemenang Pilpres 2014.

Tak pelak hal tersebut membuat para pasangan capres cawapres memilih untuk berbuka puasa terlebih dahulu. Seperti misalnya Jokowi - JK dengan pendukungnya berbuka bersama di kediaman Megawati Soekarnoputri. Ada hikmah di balik diundurnya pengumuman hasil Pilpres kali ini. Selain pasangan capres cawapres bisa berbuka terlebih dahulu, tentunya nanti mereka bisa datang ke gedung KPU dengan perut yang sudah terisi.

8. Kejutan Dari Capres Prabowo

Setengah jam menjelang rencana awal pengumuman hasil pilpres oleh KPU, kejutan datang dari capres Prabowo. Bertempat di kediamannya, Prabowo bersama dengan para pendukungnya menyatakan menolak apa pun hasil pilpres nanti karena menduga ada kecurangan dalam prosesnya. 

Calon presiden nomor urut 1, Prabowo Subianto berpidato bersama tim suksesnya di Rumah Polonia, Jakarta Timur dengan tegas memaparkan alasan-alasan mengapa mereka menolak hasil pilpres tahun ini. Dari semua hal unik yang terjadi, pengunduran capres bernomor urut satu ini tentu jadi sorotan. Tak pelak beritanya langsung menjadi headline di banyak media.

9. Hadapi Dengan Tenang

Dengan Prabowo menolak hasil pilpres 2014, Jokowi - JK punya kans yang lebih besar untuk lolos sebagao pemenang Pilpres 2014. Keduanya pun datang dengan busana berbatik ke gedung KPU pada malam hari menjelang pengumuman.

Didampingi oleh para pendukungnya pasangan capres cawapres nomor urut dua pun mengikuti pembacaan hasil penghitungan suara di 33 provinsi yang ada hingga selesai.

Saat ketua Pilpres, Husni Kamil Manik mengumumkan kemenangan Jokowi - JK, hal tersebut disambut riuh sorakan para pendukungnya. Lantas bagaimana reaksi Jokowi dan JK? Stay cool dan tak lebay.

10. Pilpres? Helo Ini Saatnya Mudik

Di saat para elit politik dan para pendukungnya sibuk mengawal dan menanti hasil pemilihan pilpres 2014 yang dilangsungkan, Selasa (22/07), masyarakat mulai disibukkan dengan perjalanan mudik mereka ke kampung halaman.

Di mata para pemudik ini, perjalanan pulang untuk bertemu keluarga di kampung halaman lebih penting mengingat Lebaran sudah dekat. Seperti misalnya sejumlah warga saat mengikuti kegiatan mudik gratis yang diadakan Partai Demokrat di Lapangan JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin (21/7). Sebanyak 110 bus siap mengangkut sekitar 6.400 orang pemudik dengan tujuan ke berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kalau kamu? Momen unik apa yang kamu rasakan menjelang pengumuman pilpres kemarin?

 

(kpl/dka)



MORE STORIES




REKOMENDASI