Ngiler, Kue Mochi Ini Bisa Jadi Pilihan Saat Berbuka Puasa Lho!

Selasa, 23 Juni 2015 17:18 Penulis: Lusi Vita
Ngiler, Kue Mochi Ini Bisa Jadi Pilihan Saat Berbuka Puasa Lho!
Via ©1.bp.blogspot

Kapanlagi Plus - Pernah makan kue mochi? Meski ada yang bilang kue beras yang satu ini berasal dari China. Namun, kue ini sudah populer dipakai di berbagai acara perayaan bagi bangsawan Jepang sedang zaman Heian (tahun 794 hingga 1185).

Kue yang terbuat dari beras ketan ini biasanya ditumbuk saat panas hingga menjadi dingin dan dipisah untuk dibentuk bulat atau oval dan diisi adonan kacang yang berasa manis, es krim, coklat, selai atau karamel.

Kini di era modern, kue mochi tidak lagi dibuat secara tradisional. Tapi sudah diproduksi masal oleh mesin pabrik. Apalagi, bentuknya saat ini bisa dicetak menjadi berbagai bentuk dan berwarna-warni. Meski begitu, masih ada juga lho di Jepang yang bikin kue ini terlihat seperti mainan, seperti dilansir Rocketnews24.

Ini lho salah satu kreasi kue Mochi ©Rocketnews24Ini lho salah satu kreasi kue Mochi ©Rocketnews24

Yap, berkat ide dan skill tinggi yang dimiliki oleh Ushihito. Kue mochi buatan tangan ini dibentuk berbagai desain miniatur hewan lho. Ada yang berbentuk anjing laut dan bebek lucu. Beda dengan buatan pabrik, mochi yang diproduksi terbatas ini juga punya rasa yang luar biasa enak.

Ini disebabkan karena proses pengolahan dan pembentukan masih menggunakan alat dan bahan tradisional. Meski tersedia terbatas setiap harinya, namun kue beras yang dijual 1000 yen (Rp 108 ribuan) per biji di toko 'Village Vanguard' ini selalu ludes terjual.

Kue beras yang punya struktur seperti permen marshmallow ini memang kenyal, lembut dan enak. Bahkan saking boomingnya kue ini, banyak negara yang mengadopsi resepnya di berbagai negara di Asia bahkan di negara kita. Seperti, kue beras asal Sukabumi atau isian Wedang Ronde. Nah, bagaimana? Mau mencicipinya sebagai hidangan buka puasa nanti?

(roc/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI