Novela Nawipa, Si 'Wanita Gunung' Yang Bikin Heboh Indonesia

Senin, 18 Agustus 2014 12:45 Penulis: Guntur Merdekawan
Novela Nawipa, Si 'Wanita Gunung' Yang Bikin Heboh Indonesia
Novela Official Facebook©


Kapanlagi Plus - Dunia maya baru saja dihebohkan oleh prosesi sidang MK mengenai gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum pemilu 2014 (PHPU). Seorang saksi bernama Novela Nawipa asal Kampung Awaputu, Kabupaten Dogiyai, Papua muncul dan bikin suasana sidang gempar.

Datang sebagai saksi mandat kubu Prabowo - Hatta, Novela dengan berani melantunkan nada-nada perlawanan terhadap pertanyaan hakim maupun jaksa yang hadir. Pada satu kesempatan, ia malah 'marah-marah' karena mengaku tim KPU di kampung-nya tak melakukan tindakan sosialisasi ke publik.

Mengaku sebagai orang gunung, ia ingin diperlakukan dengan adil oleh pihak KPU yang dia tuding lebih mendukung pasangan Jokowi - JK di tempatnya. Aksi beraninya itu tak pelak membuat dirinya jadi 'selebritis' di beberapa forum dan dunia maya karena ternyata ia ketahuan berbohong atas statusnya.

Lalu siapa sih sebenarnya Novela ini? Yuk kita kenali lebih jauh!

1. Video Yang Bikin Heboh

Apa sih yang bikin heboh dari Novela Nawipa ini? Selain berani menyuarakan pendapatnya dengan lantang dan berani di hadapan hakim dan para jaksa, ia juga mengaku sebagai 'orang gunung' dan tidak mau 'dibodoh-bodohi' oleh tim KPU.

Video tersebut tak pelak langsung jadi trending di Youtube karena jadi guyonan dan 'hiburan' publik. Bagaimana sih aksi berani dan kocak-nya di dalam sidang tersebut?

Sebelum kenal lebih jauh tentang siapa Novela itu, lebih baik kalian tonton dulu video yang bikin heboh-nya.


Video by: Berita Terbaru

2. Caleg DPRD

 Berkat kehebohan yang ia buat pada sidang MK, nama Novela mulai banyak dibicarakan dan 'dicari' orang. Beberapa fakta mengejutkan mengenai jati diri Novela akhirnya terungkap.

Setelah dijelajahi secara mendetail, Novela ternyata adalah seorang caleg DPRD dari Dapil 1 Kabupaten Paniai. Nama dan fotonya bahkan terpampang dengan jelas di beberapa lokasi kampung Awaputu dan sekitarnya.

Poster Novela Nawipa sebagai Caleg DPRD/Facebook©Poster Novela Nawipa sebagai Caleg DPRD/Facebook©

Fakta itu menunjukkan bahwa Novela merupakan salah seorang politisi yang punya pengetahuan lebih mengenai politik dari seorang saksi biasa. Lalu kenapa dia harus menutupi fakta itu pada saat sidang ya?

3. Pengusaha Emas

Selain diketahui sebagai seorang caleg DPRD, Novela ternyata adalah seorang pengusaha emas yang cukup tersohor di daerahnya. Ia mengaku merintis bisnis jual beli emas dengan moto buy low, sell high itu sejak nol.

Berkat kegigihannya, Novela kini hidup dalam kemakmuran yang bisa dibilang di atas rata-rata. Tak jarang pada beberapa foto yang ia unggah di akun facebook-nya, Novela acap kali terlihat berpose layaknya orang kaya, atau jauh dari status orang gunung.

Novela Nawila hidup dalam kekayaan/Facebook©Novela Nawila hidup dalam kekayaan/Facebook©

4. Antek Israel?

Setelah diobrak-abrik akun Facebook-nya oleh publik, Novela kedapatan pernah mengunggah sebuah foto heboh lainnya. Ia didapati sebagai pendukung Israel atau kaum zionis.

Yang lebih heboh, Novela juga sempat menuliskan caption kontroversial pada salah satu foto tersebut. "Hai, putri-putri Sion, kibarkan terus Panji Raja," tulisnya pada sebuah foto yang memperlihatkan beberapa orang membawa bendera-bendera Israel.

Foto dukungan Novela untuk Israel/Facebook©Foto dukungan Novela untuk Israel/Facebook©

Wah, bagaimana menurut kalian mengenai hal ini?

5. Dibela Oleh Tantowi Yahya

Tantowi Yahya adalah salah satu juru bicara dari tim Prabowo. Ketika insiden Novela ramai dibicarakan, mantan pembawa acara kuis Who Wants to be a Millionaire? itu pun ditanyai pendapat-nya.

Pada acara bertajuk Negeri 1/2 Demokrasi, Tantowi menegaskan bahwa Novela cuma 'rakyat biasa' yang disudutkan oleh hakim dan semua jaksa di sidang tersebut. Hal itu, menurut Tantowi, membuat psikologi dari Novela sedikit terganggu dan ia akhirnya tampil ceplas-ceplos dan melawan, atau disebut dengan nama 'demam panggung'.

Berikut adalah cuplikan video dari pembelaan Tantowi Yahya:


Video by: Jokowi TV

6. Dipuji Prabowo

Aksi dari Novela di sidang Gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum pemilu 2014 (PHPU) ternyata juga mendapat apresiasi dari capres Prabowo. Melalui akun Twitter-nya, Prabowo melantunkan pujiannya secara langsung pada Novela.

"Luar biasa saudari @Novela_Nawipa. Saya salut akan sikap saudari yang berani, jujur, tanpa pamrih dalam membela keadilan dan kebenaran," tulisnya.

Pertanyaan-nya, apa kah Prabowo juga tahu mengenai pengakuan palsu dari Novela mengenai dirinya yang cuma 'orang gunung' dan 'rakyat biasa'?

7. Jadi Meme

Atas aksi kocak Novela, beberapa tangan-tangan kreatif dari netizen mulai tak bisa diam. Beberapa meme kocak mulai dibuat untuk dijadikan guyonan yang menyebar di dunia nyata.

Foto-foto Novela yang diunggah di Facebook jadi korban-nya. Tak jarang beberapa potret dirinya disandingkan dengan Prabowo sebagai pasangan suami-istri yang 'sempurna' oleh publik.

Novela dan Prabowo dijadikan bahan lelucon netizen/Istimewa©Novela dan Prabowo dijadikan bahan lelucon netizen/Istimewa©

8. Facebook Dihapus

Mengetahui akun Facebook-nya jadi sasaran sorotan publik, Novela segera mengambil sikap tegas. Ia menghapus atau me-non aktifkan Facebooknya supaya kebohongan-nya tak terungkap lebih jauh.

Bagaimana menurut kalian mengenai Novela ini? Tak sedikit orang yang menunggu pihak kepolisian untuk segera meringkusnya karena dianggap telah melanggar sumpah kejujuran di dalam sebuah sidang MK.

Pantas kah ia dihukum atas apa aksi-aksinya? Atau malah sebaliknya, kita harus menganggapnya sebagai seorang pahlawan yang berani bak Kartini?

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI