Oksigen Ditemukan di Mars, Manusia Bumi Bisa Pindah ke Sana?

Sabtu, 14 Mei 2016 14:18 Penulis: Arai Amelya
Oksigen Ditemukan di Mars, Manusia Bumi Bisa Pindah ke Sana?
Penampakan planet Mars yang kering dan basah © nasa.gov

Kapanlagi Plus - Pernah menonton film THE MARTIAN? Film itu mengisahkan seorang astronot bernama Mark Watney (Matt Damon) yang terdampar di Mars dan harus berjuang di planet merah. Kala filmnya dirilis, sebuah pertanyaan besar muncul, 'Apakah Mars bisa ditinggali manusia?'. Kini sepertinya dugaan itu besar kemungkinan bisa terjadi.

Baru-baru ini Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) melaporkan bahwa mereka telah menemukan atom-atom oksigen di atmosfer Mars. Berdasarkan misi Stratospheric Observatory for Infrared Astronomy (SOFIA) yang berada 13,7 kilometer di atas Bumi, atom oksigen ditemukan di lapisan teratas (Mesosfer) dari Mars, seperti dilansir Daily Star.

Salah satu adegan THE MARTIAN, apakah Mars memang bisa ditinggali?Salah satu adegan THE MARTIAN, apakah Mars memang bisa ditinggali?

Meskipun begitu, NASA hanya bisa menemukan setengah kandungan oksigen dari yang diharapkan. Bicara soal kandungan oksigen di Mars, sebetulnya ini bukanlah pertama kali. Karena pada tahun 1970-an lewat misi Viking dan Mariner, sudah ditemukan adanya oksigen di sana.

Kalau kamu bertanya-tanya bagaimana bisa ada oksigen di Mars, jangan kaget. Karena oksigen adalah unsur paling melimpah ketiga di alam semesta yang besar kemungkinan bisa berada di mana saja selain di Bumi.

Sebagian masih tandus, misteri Mars memang belum berakhir © cphdox.dkSebagian masih tandus, misteri Mars memang belum berakhir © cphdox.dk

Kendati atom oksigen yang ada di atmosfer Mars masih jauh dari jumlah molekul oksigen untuk bisa digunakan bernafas manusia, tentu saja temuan ini sangat luar biasa. Oksigen sendiri bisa mengontrol aliran massa, energi hingga panas sebuah planet.

Jadi kalau begitu, apakah kamu berencana untuk pindah ke Mars?

(dst/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI