Perhelatan Festival Budaya 2022 di Setu Babakan Berakhir, Acara Penutupan Dihadiri Wagub DKI Jakarta Riza Patria

Senin, 15 Agustus 2022 15:24
Perhelatan Festival Budaya 2022 di Setu Babakan Berakhir, Acara Penutupan Dihadiri Wagub DKI Jakarta Riza Patria
Festival Budaya 2022 / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi


Kapanlagi Plus - Perhelatan Festival Budaya 2022 secara resmi ditutup oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Minggu (14/8/2022). Seperti diketahui, event ini digelar selama tiga hari berturut-turut, yakni 12-14 Agustus 2022, menyajikan beragam kegiatan untuk menghibur pengunjung di Setu Babakan.

Dalam sambutannya, Wagub Ariza menyatakan apresiasinya yang besar terhadap perhelatan yang mengangkat seni budaya Betawi itu. Beragam kegiatan yang diadakan selama tiga hari penyelenggaraan dinilainya telah sukses mendapat antusias pengunjung.

Kegiatan Festival Budaya di antaranya ada termasuk pementasan seni budaya Betawi, bazar UMKM, workshop tentang garam, talkshow budaya, dan tak ketinggalan juga ada perlombaan mancing yang diikuti sekitar 600 orang peserta. Pentas budaya mengangkat sejumlah seni dari Betawi, di antaranya Lenong, palang pintu, hingga Gambang Kromong.

Wagub Riza mengaku senang dan bangga karena banyak sekali kegiatan yang ikut meramaikan Festival Budaya dengan menghadirkan banyak pengunjung.

"Saya atas nama Gubernur dan Pemprov mengapresiasi dan bersyukur, teman-teman dari Kadin Jakarta Selatan sukses menghadirkan, memeriahkan, dan ikut melestarikan budaya Betawi, dan budaya bangsa Indonesia lainnya. Negara kita kaya akan seni budaya, tugas kita untuk memastikan anak-anak kita mengerti, memahami, dan ikut terlibat dalam pentas seni budaya Betawi dan budaya lainnya," ujar Wagub Riza Patria.

1. Bangkitkan Lagi UMKM Pasca Pandemi

Sementara itu, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jakarta Selatan selaku pihak penyelenggara kegiatan Festival Budaya 2022 ini sengaja menghelat berbagai kegiatan untuk melestarikan seni budaya Betawi, agar tak dilupakan oleh masyarakatnya sendiri.

Ahmad Lafranta Siregar selaku Ketua Kadin Jakarta Selatan mengungkapkan rasa syukurnya karena Festival Budaya 2022 ini sukses digelar. Menurutnya, kegiatan ini menjadi momentum bangkitnya budaya Betawi paska dua tahun dilanda pandemi Covid-19.

Ahmad Lafranta Siregar menyebut ada banyak UMKM Brtawi binaan Kadin yang ikut serta dalam perhelatan ini. Ia yakin dan optimistis, UMKM akan bisa bangkit dan perekonomian bakal tumbuh kembali setelah diterjang badai pandemi belakangan ini.

"Setelah pandemi, kami yakin UMKM akan kembali bangkit. Adanya bazar UMKM di kegiatan ini diharaplan UMKM akan ikut bangkit beriringan dengan seni dan budaya, apalagi ini juga dalam rangka menyambut HUT Indonesia ke-77," ungkap Ahmad Lafranta Siregar di kesempatan yang sama.

2. Perlombaan Mancing Diikuti Banyak Peserta

Di samping itu, salah satu kegiatan di Festival Budaya yang juga sukses mendapat antusias pengunjung adalah perlombaan mancing. Terbukti, dengan banyak peserta yang ikut lomba, sekitar lebih dari 600 orang pemancing.

Perlombaan mancing yang digelar di hari Minggu itu perebutkan sejumlah hadiah yang sangat menarik. Bahkan ada hadiah utama satu unit mobil Honda Brio, ditambah pula ada hadiah motor Yamaha NMax dan Mio, serta hadiah-hadiah menarik lainnya.

Di momen penutupan itu, Ahmad Riza Patria juga sekaligus melakukan proses penyerahan hadiah kepada para pemenang perlombaan mancing.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI