Pidato Mundur Dari TNI, Agus Yudhoyono Menangis & Netizens Sedih

Sabtu, 24 September 2016 08:18 Penulis: Arai Amelya
Pidato Mundur Dari TNI, Agus Yudhoyono Menangis & Netizens Sedih
Agus Yudhoyono © Instagram @agusyudhoyono

Kapanlagi Plus - Orang-orang yang besar dan hebat pastilah mereka yang berani mengambil keputusan berat. Hal itulah yang tampaknya kini tengah dirasakan Agus Yudhoyono. Putra Mahkota mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini sejak Jumat (23/9) kemarin memang jadi pembicaraan. Kenapa begitu? Tak lain karena Agus memilih melepaskan statusnya sebagai TNI demi jadi Calon Gubernur DKI Jakarta.

15 tahun menjadi seorang prajurit dan kini harus melepasnya, pergulatan batin jelas dirasakan pria berusia 38 tahun itu. Pilihannya terjun ke dunia politik mengikuti jejak sang ayah, membuat Agus harus meninggalkan militer yang sangat dia cintai. Padahal selama menjadi tentara, suami Annisa Pohan ini sudah mencatatkan namanya dengan begitu gemilang.

Sebagai seorang pemimpin, Agus begitu berwibawa © Instagram @agusyudhoyonoSebagai seorang pemimpin, Agus begitu berwibawa © Instagram @agusyudhoyono

Pernah meraih Adhi Makayasa di tahun 2000 kala masih 22 tahun dan sekolah di Akademi Militer (Akmil), Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sampai mengakui jika Mayor Agus adalah salah satu prajurit TNI paling cerdas yang punya masa depan karier cemerlang dengan nilai yang belum bisa tersaingi. Namun Agus kini melepaskan semua masa depannya yang terbentang indah.

Usai mendaftar ke KPU DKI Jakarta, Agus pun menyampaikan pidatonya dengan suara tertahan hingga tak kuasa menahan air mata. "Hari ini adalah hari bersejarah dalam hidup saya. Tepat pukul satu dini hari, saya harus menentukan pilihan dan ambil keputusan yang tak mudah dalam waktu sangat singkat. Saya baru saja kembali dari Darwin, Australia, membawa pasukan yang saya pimpin dalam latma TNI AD - AD Australia. Saya mengambil keputusan ini tanpa paksaan dan tekanan dari siapapun. Saya paham banyak yang sedih dan menyayangkan keputusan ini,"

Kini, Mayor Agus dalam seragam tentara akan tinggal kenangan © Instagram @agusyudhoyonoKini, Mayor Agus dalam seragam tentara akan tinggal kenangan © Instagram @agusyudhoyono

Ayah dari Aira Yudhoyono itu melanjutkan, "Dengan hati yang tulus, saya meyakinkan perasaan cinta dan bangga saya terhadap institusi TNI yang telah melahirkan dan menempa saya. Rasa itu tidak akan pernah pudar. Izinkan saya mengucapkan terima kasih hormat kepada atasan dan senior yang mendidik saya selama ini, rekan-rekan perwira dan seluruh prajurit, seluruh...seluruh prajurit yang saya pimpin," ujarnya membiarkan air mata menetes.

Rupanya bukan hanya Agus yang begitu sedih. Netizens pun menyuarakan rasa kecewa dan baper mereka atas keputusan Agus. Beberapa komentar seperti, 'Mas Agus sayang banget harus meninggalkan dunia militer. Politik atau TNI kan sama-sama mengabdi negara. Semoga itu pilihan terbaik' lalu 'Pak, saya sedih. Padahal saya berangan-angan Anda mendapat bintang Jenderal dulu terus jadi RI1' dan 'Sedih banget lihat pidatonya, sayang banget' atau 'Padahal aku seneng banget sama anak SBY satu ini. Karier TNI-nya luar biasa. Kok berhenti si mas? Kok mundurnya sekarang? Tapi Allah SWT mungkin punya rencana lain untuk kehidupan Agus Harimurti'.

(mdk/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI