HIV dan AIDS? Ini Lho 6 Hal Penting Yang Wajib Kamu Tahu

Selasa, 01 Desember 2015 06:18 Penulis: Lusi Vita
HIV dan AIDS? Ini Lho 6 Hal Penting Yang Wajib Kamu Tahu
Inilah sosok aktor Hollywood Charlie Sheen yang positif terkena HIV ©Imgur


Kapanlagi Plus - Baru-baru ini, sosok Charlie Sheen memang jadi perbincangan publik sejagat. Tentu, kali ini bukan lagi soal prestasi seorang aktor handal di Hollywood itu. Namun, sayangnya ini perkara pribadi yang bikin shock banyak orang. Sebab, mendadak saja dunia diguncang dengan pengakuan kalau dirinya itu mengidap HIV positif.

Sontak, dunia pun gempar dengan pengakuannya yang begitu terus terang itu. Malahan, pengakuannya yang begitu mendadak ini bikin shock beberapa mantan partnernya. Sehingga, mau tidak mau pria ini menghadapi banyak pro dan kontra.

Terlepas dari itu, virus HIV memang bisa dibilang berbahaya. Namun, stigma atau pandangan publik terhadap orang yang mengidap virus ini bisa menyakitkan lho. Sebab, sebagian besar masyarakat seperti sudah memberi label kalau pengidap virus tersebut sama saja dengan penderita penyakit AIDS.

Memang keduanya ini masih berhubungan, tapi masa iya tanpa mengerti betul apa itu HIV dan AIDS. Publik jadi mengambil tindakan sendiri dengan mengecam, membicarakan bahkan mengucilkan penderita. Makanya, sebelum kebablasan bertindak. Yuk, simak dulu 6 hal penting soal HIV dan AIDS ini. 

1. Apa Itu HIV?

Kamu pasti sudah familiar banget dengan istilah HIV atau AIDS. Nah, nyatanya tidak seperti kabar yang berkembang sebelumnya lho. HIV ini adalah sebuah virus. Yap, sama dengan virus yang lainnya juga kok. Namun, yang perlu kamu tahu adalah virus ini bakal menyerang sistem imun atau daya tahan tubuh kamu.

Perlahan-lahan, virus ini menyebabkan perkembangan sel darah putih jadi tidak wajar. Sehingga, lama-kelamaan jumlahnya bakal semakin banyak. Sehingga, daya tahan tubuh menurun drastis dan membuatnya jadi rentan terkena berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker, paru-paru, infeksi atau radang kulit hingga penyakit berbahaya yang menyerang otak.

2. Beda HIV dan AIDS?

Setiap orang hampir banyak yang menyamakan HIV dan AIDS. Padahal, keduanya adalah yang berbeda lho. Sebab, seperti yang kamu tahu HIV itu adalah virus yang menjangkiti tubuh dan menyerang daya tahan tubuh dan membuat sel darah putih jadi berkembang lebih banyak. 

Sedangkan, AIDS adalah sebuah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh pula akibat virus HIV yang tak kunjung sembuh dalam jangka waktu sekitar 5 hingga 15 tahun. Jadi itulah mengapa kamu harus tahu betul kalau penderita AIDS itu beda segalanya dengan pengidap virus HIV. Apalagi, HIV sendiri nyatanya bisa disembuhkan kok. Tidak seperti AIDS yang hingga kini belum ada pengobatan yang pasti menyembuhkannya.

3. Pandangan Publik Tentang HIV

Pandangan masyarakat atau publik di dunia ini kebanyakan memukul rata HIV dan AIDS adalah dua jenis penyakit yang sama, berbahaya dan pastinya menular. Memang ada benarnya juga sih, tapi bukan berarti masyarakat boleh menyamakan kasus virus dan penyakit ini lho.

Sebab, seseorang yang positif HIV belum tentu juga bakal menderita penyakit AIDS. Apalagi, kalau diketahui sejak dini maka pembawa virus HIV ini bisa sembuh, hidup normal dan bersih dari virusnya hingga penyakit AIDS lho. Jadi jangan samakan kedua hal yang berbeda ini ya. 

4. HIV Bisa Menular?

Sayangnya, virus ini memang bisa ditularkan melalui beberapa cara. Misalnya melalui cairan tubuh seperti air susu ibu, cairan semen atau (maaf) vagina atau bahkan darah. Tapi, bukan berarti kamu bisa mengucilkan atau menghindari pengidap virus HIV lho. 

Sebab, kamu tidur di sampingnya, bersalaman, berpelukan atau bahkan menyentuhnya bakal aman-aman saja. Selama kamu tidak kontak langsung dengan cairan tubuh mereka. Meski kasusnya terkadang pengidap HIV tidak mau membuka dirinya. Makanya, kita harus mendukung agar mereka mau berterus terang hingga kepercayaan dirinya untuk hidup lebih lama lagi semakin meningkat.

5. HIV Bisa Sembuh?

Seperti halnya yang dialami Charlie Sheen, banyak orang yang menganggap kalau HIV tidak bisa sembuh sama seperti AIDS. Tapi, nyatanya HIV itu bisa sembuh kok bahkan 30% orang Amerika Serikat pun banyak yang hidup dengan virus tersebut. Apalagi, kalau kasusnya sudah diketahui sejak dini. 

Maka, bakal banyak opsi pengobatan dan terapi untuk menghentikan bahkan menghilangkan virus itu dari tubuh pengidapnya. Intinya sih, harus sering dan rutin banget melakukan check up kesehatan, berobat dan hidup sehat. Sebabnya, dengan begitu AIDS pasti bakal jauh-jauh deh.

6. Penularan HIV

Jangan dikira lho, kalau virus HIV itu selalu saja ditularkan karena sering gonta-ganti pasangan (jajan di luar) atau narkoba. Sebab, virus ini juga bisa ditularkan sejak lahir dari air susu ibu, saat donor darah, transplantasi organ atau bahkan injeksi obat untuk berbagai keperluan misalkan kecantikan. 

Jadi kamu tidak perlu khawatir berlebihan deh. Meskipun, kamu sendiri juga harus tetap melakukan tindakan pencegahan seperti setia pada pasangan, memakai alat kontrasepsi, tidak memakai narkoba, hidup sehat (hindari minuman keras, rokok, tidur cukup, olahraga dan konsumsi makanan bergizi). Nah, jadi jangan sampai pengidap virus HIV dikucilkan seperti layaknya pelaku kriminal ya.

(mic/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI