Pria Ini Dinyatakan Tak Bersalah Setelah 21 Tahun Dipenjara

Kamis, 04 Februari 2016 08:18 Penulis: Arai Amelya
Pria Ini Dinyatakan Tak Bersalah Setelah 21 Tahun Dipenjara
© Shanghaiist

Kapanlagi Plus - Pernah menonton film SHAWSHANK REDEMPTION? Dalam film itu dikisahkan Andy Dufresne (Tim Robbins) harus menjalani hukuman penjara selama bertahun-tahun karena tuduhan membunuh istri dan pria selingkuhannya padahal dia tak bersalah. Cerita dipenjara tapi tak bersalah seperti Andy itulah yang dialami pria berusia 53 tahun asal China bernama Chen Man ini.

Bayangkan saja, Chen harus menjalani 21 tahun penjara di Meilan karena kesalahan yang ternyata tak pernah dia lakukan. Chen dijatuhi hukuman pennjara seumur hidup karena tudingan pembunuhan terhadap seorang perempuan muda di Hainan, China pada tahun 1994 silam. Dua dekade menjalani kehidupan di balik jeruji besi, pengadilan Zhejiang pun membebaskan Chen karena bukti yang kurang.

Inilah Chen yang akhirnya bebas © ShanghaiistInilah Chen yang akhirnya bebas © Shanghaiist

Dalam keterangan resminya, pengadilan Zhejiang menulis bahwa peran Chen tidak jelas dalam pembunuhan itu sehingga vonis bersalah yang dia terima pun tak terbukti. Karena kekeliruan itu, Hakim Fu Qin dari Hainan sampai melakukan permintaan maaf secara resmi kepada Chen, seperti dilansir Shanghaiist.

"Hakim Fu meminta maaf secara resmi karena membuat Chen menghabiskan bertahun-tahun lamanya di penjara. Chen menjawabnya singkat dengan 'OK'. Kurasa Chen bermaksud bahwa orang yang meminta maaf juga tak bersalah saat putusan ini terjadi. Chen adalah orang yang sangat baik dan dia tak mendendam apapun karena sangat bahagia hari ini," jelas Wang Wangqiong, pengacara Chen.

Kebebasan Chen ini disambut dengan pelukan haru © ShanghaiistKebebasan Chen ini disambut dengan pelukan haru © Shanghaiist

Chen sendiri resmi bebas pada Senin (2/2) kemarin, satu pekan sebelum Tahun Baru Imlek tiba. Proses bebasnya Chen ini bukanlah hal yang mudah dan butuh waktu lama. Semenjak Wang mengajukan petisi di Beijing pada tahun 2015, banyak protes yang muncul untuk menuntut diadakannya sidang ulang demi pembebasan Chen. Wang mengungkapkan bahwa dua dekade silam Chen dipaksa melakukan pengakuan palsu di pengadilan dan mengalami penyiksaan seperti dicekik hampir tersedak dan dipukul dengan tongkat besi.

Semoga saja tak ada orang lain yang dihukum karena kesalahan yang tak pernah mereka perbuat ya. Selamat untuk hidup barumu, pak Chen!

(sha/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI