Rahasia 8 Bekas Stasiun Kereta Api Bawah Tanah di Dunia

Rabu, 06 Maret 2013 15:01 Penulis: Dewi Ratna
Rahasia 8 Bekas Stasiun Kereta Api Bawah Tanah di Dunia
flavorwire.com


Kapanlagi Plus - Apa yang terjadi di stasiun kereta bawah tanah yang ditinggalkan atau tidak terpakai lagi? Apakah makhluk halus kemudian bersenang-senang dan membangun kerajaan mereka di sana?

Beberapa stasiun rahasia untuk kereta api bawah tanah yang sudah kosong berikut ini, menyimpan cerita mereka masing-masing. Apa saja dan bagaimana ceritanya? Simak saja halaman berikut...

1. City Hall Station - New York

Adakah di antara Anda yang sudah pernah berkendara di sekitaran Jembatan Brooklyn? Jika pernah, Anda mungkin sudah melihat sekilas  platform bekas City Hall. Stasiun cantik ini dibangun pada 1904 dan digunakan hingga 1945.

Karena kapasitas kecil dan dianggap tidak aman, stasiun itu akhirnya ditutup. Namun tempat itu masih bisa dikunjungi. Sepertinya asyik bisa berjalan-jalan menelusurinya. Siapa tahu bisa berkenalan dengan hantu cantik di sana :D

 

 

2. West Ashfield Station - London, Inggris

Stasiun rahasia ini sangat spesial. Lebih tampak seperti tabung, dan tidak terbuka untuk umum. West Station Ashfield memang nyata, ada di lantai tiga sebuah bangunan perkantoran dan digunakan untuk melatih karyawan baru.

Emm... Apakah ibu ratu punya jalur kereta api bawah tanah yang khusus? Bisa jadi stasiun rahasia ini adalah tempatnya. :D

 

 

3. Lower Queen Station - Toronto

Toronto memiliki beberapa stasiun bawah tanah yang sudah tak terpakai. Namun yang paling terkenal adalah Lower Bay, yang hanya digunakan selama enam bulan setelah dibuka pada tahun 1966.

Dan satu stasiun bawah tanah yang memang kurang dikenal adalah Lower Queen, yang dibangun untuk trem pada tahun 1949 tetapi tidak pernah digunakan. Jadi, untuk apa stasiun itu?

 

 

4. Waldorf-Astoria platform at Grand Central Station - New York

Di bawah Grand Central Station adalah platform rahasia yang dikenal sebagai "Track 61". Jalur ini kabarnya dibangun untuk menyembunyikan polio Franklin D. Roosevelt dari masyarakat.

Menurut cerita, limo milik FDR menarik kereta pribadi (dalam gambar di atas), menuju elevator khusus yang besar, yang bakal membawa kendaraan itu menuju garasi Waldorf-Astoria.

Ada juga kisah lain yang menyenangkan dari Gothamist yang mengatakan bahwa Andy Warhol pernah menggelar pesta di sini pada tahun 1965.

 

 

5. South Fourth Street Station - Brooklyn, New York

South Fourth Street Station Williamsburg ini belum pernah digunakan. Pembangunannya terhenti karena Perang Dunia II, dan rel tidak pernah dipasang.

Yang tersisa hanyalah beton-beton besar di bawah tanah. Beberapa tahun belakangan,  banyak orang datang berkunjung, untuk melihat grafiti yang sekarang menghiasi stasiun itu.

 

 

6. Cincinnati Subway - Cincinnati

Pada tahun 1910, ada rencana untuk membangun sistem kereta bawah tanah di Cincinnati. Namun pada 1927, setelah tujuh mil sudah disiapkan, proyek tersebut baru dinilai terlalu mahal dan dibatalkan. Jalur kereta bawah tanah Cincinnati ini kahirnya menjadi terowongan bawah tanah terpanjang di AS.

 

 

7. Rochester Industrial and Rapid Transit Railway - Rochester, New York

Orang-orang di Rochester memiliki ide yang sama untuk rancangan stasiun bawah tanah Cincinnati - mereka membangun sebuah sistem dari Erie Canal. Terowongan penuh dengan trem dari 1937 sampai 1956, sebelum kemudian ditutup seiring semakin populernya mobil.

 

 

8. Metro-2 - Moskow, Rusia

Tidak ada yang benar-benar yakin jika ada kereta bawah tanah rahasia yang terhubung dengen kereta bawah tanah Moskow yang bukan rahasia. Namun jika kereta bawah tanah rahasia memang ada, itu diperkirakan dibangun selama masa pemerintahan Stalin.

 

(kpl/dew)

Editor:

Dewi Ratna



MORE STORIES




REKOMENDASI