Rahasia Wujudkan Mimpi Indah Punya Rumah untuk Anak Muda

Rabu, 14 Desember 2016 09:47 Penulis: Editor KapanLagi.com
Rahasia Wujudkan Mimpi Indah Punya Rumah untuk Anak Muda
© shutterstock

Kapanlagi Plus - Banyak orang yang berpendapat punya rumah sendiri itu penting buat modal nikah. Memiliki tempat tinggal sendiri setelah menikah emang dapat menghemat biaya dan cara yang baik untuk memulai kehidupan berkeluarga. Buat kamu yang masih berusia 20an, mimpi ini bisa jadi nyata dengan mengambil Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, yang memberikan jangka waktu panjang dan bunga yang ringan.

Ada banyak bank di Indonesia yang menawarkan sistem KPR, seperti KPR CIMB Niaga Xtra dari Bank CIMB Niaga atau KPR BCA Fix & Cap dari Bank BCA, yang menawarkan program cicilan yang terjangkau untuk jangka panjang. Ada juga Kredit BRI Agro Griya dari BRI memiliki persyaratan uang muka yang ringan, sehingga cukup populer di masyarakat perkotaan.

Supaya tetap enjoy menikmati masa muda dan mewujudkan cita-cita punya rumah sendiri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Membayar Uang Muka

Biasanya untuk mengajukan KPR, kamu diwajibkan membayar down payment (DP) sebesar 20%-30%. Nggak harus menyiapkan dana ratusan juta rupiah, menabung saja hingga mendapatkan dana yang cukup untuk membayar uang muka.

Untuk menekan biaya DP dan angsuran bulanan, cari rumah yang harganya lebih terjangkau, misalnya di pinggiran kota. Nggak perlu minder mengambil rumah yang lokasinya agak jauh, apalagi yang punya potensi berkembang pesat dan peningkatan harga properti, yang bakal memberikan keuntungan di masa yang akan datang.

Bertekad Menyisihkan Gaji

Di tengah godaan musim sale akhir tahun dan hari belanja online nasional, menabung saja rasanya sulit sekali, apalagi jika harus menyisihkan gaji untuk membayar cicilan KPR. Namun dengan tekad dan komitmen yang kuat, kamu akan merasa lebih ringan melakukannya.

Apalagi terbiasa melakukan ini, akan melatih kemampuan pengelolaan keuangan, yang bakal berguna di kemudian hari. Agar tidak terasa terlalu berat, ambil KPR dengan cicilan yang nggak melebihi 30% dari total gaji per bulan.

Biasa Berhemat

Berakit rakit ke hulu berenang ke tepian, bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian. Pepatah lawas ini sepertinya pas banget menggambarkan kondisimu yang sedang berhemat, untuk mewujudkan impian memiliki rumah.

Ada banyak cara untuk melakukan penghematan, yang bahkan berdampak baik bagi kehidupanmu. Misalnya membawa bekal makan sehat dari rumah, berjalan kaki daripada menggunakan kendaraan, hingga memilih berkumpul bersama keluarga di rumah ketimbang menghabiskan waktu di kafe. Selain berhemat, hidup jadi lebih sehat dan positif.

Mencari Kerja Sampingan

Untuk meringankan beban keuangan, kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan yang tidak mengganggu pekerjaan. Manfaatkan kemampuan dan hobi yang dimiliki untuk mendongkrak pendapatan. Misalnya dengan memberikan kursus, menjual makanan, menjadi freelance, hingga memulai bisnis kecil-kecilan dari rumah.

Punya penghasilan di masa muda jangan hanya dipakai berfoya-foya. Wujudkan impian dan miliki rumah sendiri sebagai bentuk investasi jangka panjang, dengan fasilitas KPR.

(adv/eth/aik)



MORE STORIES




REKOMENDASI