Raja Arab Saudi Meninggal Dunia, SBY Beri Ungkapan Duka

Jum'at, 23 Januari 2015 12:18 Penulis: Arai Amelya
Raja Arab Saudi Meninggal Dunia, SBY Beri Ungkapan Duka
Abdullah bin Abdul Aziz ©bigprojectme

Kapanlagi Plus - Awan mendung tengah dirasakan oleh negeri Arab Saudi. Raja mereka, Abdullah bin Abdul Aziz meninggal dunia karena sakit pada usia 90 tahun. Kabar meninggalnya Raja Arab Saudi ke-6 ini diumumkan oleh kantor berita resmi Arab.

Raja Abdullah sudah dirawat di rumah sakit sejak 31 Desember 2014 silam karena sakit Pneumonia. Semenjak itu kondisi sang raja makin menurun. Hingga akhirnya kabar kematian Abdullah diumumkan pada Kamis (22/1) waktu setempat. Sebelum pengumuman itu, TV Arab Saudi melantunkan ayat-ayat suci Alquran yang lazim dilakukan saat ada seorang Raja meninggal dunia.

Salman bin Abdulaziz Al Saud, Raja baru Arab SaudiSalman bin Abdulaziz Al Saud, Raja baru Arab Saudi

"Yang Mulia Salman bin Abdulaziz Al Saud dan semua anggota keluarga dan bangsa meratapi penjaga dua masjid suci Raja Abdullah bin Abdul Aziz, yang meninggal dunia tepat pada pukul 01.00 pagi ini," jelas pernyataan resmi Kerajaan Inggris.

Selain pengumuman kematian, disebutkan pula kalau saudara tiri Abdullah, Putra Mahkota Salman (79) resmi menjadi raja yang baru. Salman sendiri sudah menjalankan tugas kerajaan semenjak Abdullah masuk rumah sakit. Jika Salman naik sebagai Raja Arab Saudi, maka Raja Moqren kini mendapatkan status sebagai Putra Mahkota, seperti dilansir The Guardian.

Atas kematian raja yang terlahir pada 1 Agustus 1924 ini, tokoh dunia pun berduka. Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, juga mengungkapkan duka serta memuji pemerintahan Abdullah. Yordania juga mengumumkan hari berkabung nasional selama 40 hari serta institusi aliran Islam Sunni terbesar, Universitas Al-Azhar juga mengungkapkan kepedihan mereka.

Ungkapan duka dari SBY untuk Raja AbdullahUngkapan duka dari SBY untuk Raja Abdullah

Bahkan mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono juga mengungkapkan duka akan kematian Abdullah lewat akun Twitter resminya. Dalam ucapan duka itu, SBY menilai hubungan Indonesia dan Arab Saudi semakin baik termasuk pengampunan atas banyaknya WNI yang divonis hukuman mati di sana. Selamat jalan Raja Abdullah.

(gua/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI