Rekomendasi Kuliner Halal Bagi Umat Muslim yang Liburan ke Raja Ampat

Minggu, 17 Februari 2019 01:27 Penulis: Rahmi Safitri
Rekomendasi Kuliner Halal Bagi Umat Muslim yang Liburan ke Raja Ampat
Papeda, makanan khas Papua © penulispro.net

Kapanlagi Plus - Penat dengan pekerjaan atau tugas, membuat kita pengen refreshing dan menjauh dari rutinitas. Bisa main game, cek informasi terbaru di Internet, atau liburan ke luar kota bahkan luar negeri. Ngomong-ngomong soal liburan, Indonesia juga punya destinasi wisata yang nggak kalah indah dari negara lainnya.

Salah satunya adalah Raja Ampat yang terkenal dengan keindahannya yang seperti surga dunia. Bukan cuma itu di sana juga banyak kuliner yang khas. Tapi sayangnya banyak yang khawatir kalau makanan di sana nggak halal, soalnya kan mayoritas penduduknya non muslim. Tapi tenang saja, ada kok makanan khas Raja Ampat yang halal dan nggak boleh dilewatkan begitu saja.

Salah satunya adalah papeda. Tampilannya seperti lem kanji yang baru matang karena terbuat dari tepung sagu yang diaduk bersama air mendidih dan air jeruk nipis hingga mengental dan kenyal. Sementara penyajiannya disandingkan dengan lauk ikan kuah kuning. Biasanya menggunakan ikan tongkol, tuna, gabus, cakalang, atau ikan mubara. Kuah kuningnya terbuat dari campuran kunyit, daun bawang, kemangi, sereh, tomat, jeruk nipis, jahe, bawang putih, dan cabai sesuai selera. Papeda bisa Anda jumpai di seantero Papua.

Barapen © rasasayenge.co.idBarapen © rasasayenge.co.id

Sebagian besar penduduk Papua mengenal barapen terbuat dari daging babi. Tapi orang Walesi, salah satu suku mayoritas muslim di Wamena, mengganti bahan terlarang itu dengan daging ayam. Hingga kini barapen ayam ala Walesi menjadi salah satu makanan paling populer di Papua, termasuk di Raja Ampat.

Lalu di mana bisa mendapatkan makanan halal saat di Raja Ampat? Banyak restoran dan rumah makan menyajikan menu-menu halal dengan citarasa yang tak perlu diragukan d antaranya adalah Rumah Makan Ratu Sayang, M-Grill Resto & Café, dan Kitong Papua Resto.

Setiap restoran memiliki menu khasnya masing-masing. M-Grill menyajikan masakan-masakan Eropa-Amerika dan berbagai macam stik. Sedangkan Ratu Sayang dan Kitong Papua mengandalkan aneka ragam olahan seafood dan sup. Kisaran harga menu di restoran-restoran tersebut mulai dari Rp25.000,- hingga Rp100.000,-, tergolong murah untuk rate Papua.

Kalau melewatkan kesempatan bersantap di Sorong, tak perlu cemas. Sesampainya di lokasi penginapan di Raja Ampat, mintalah rekomendasi menu makanan halal kepada resepsionis.

Sementara untuk menuju Kabupaten Sorong, bisa memilih jalur tercepat, yaitu dengan pesawat. Biayanya tergolong murah, apalagi jika Anda mencarinya di Airy. Sewaktu-waktu akan ada promo potongan harga. Jadi rajin-rajinlah membuka website Airy untuk mendapatkan tiket pesawat promo, atau unduh saja aplikasinya di smartphone Anda.

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri



MORE STORIES




REKOMENDASI