Rektor Termuda, Rekor Prestasi Anies Baswedan Sampai Saat Ini

Minggu, 15 Januari 2017 03:07 Penulis: Iwan Tantomi
Rektor Termuda, Rekor Prestasi Anies Baswedan Sampai Saat Ini
© merdeka.com/ istimewa

Kapanlagi Plus - Kesuksesan berkarir akan mencapai puncaknya bila seseorang gigih memperjuangankannya. Hal itulah yang bisa jadi dialami Anies Baswedan. Dikenal karena intelektualitas berpikirnya, Anies memang jadi salah satu akademisi yang terbilang sukses.

Betapa tidak saat usianya memasuki 38 tahun, Anies dilantik menjadi rektor Universitas Paramadina. Usia tersebut terbilang belia, karena belum ada di Indonesia rektor yang dilantik di bawah usia 40 tahunan. Bahkan rekor tersebut masih dipegangnya hingga saat ini.

Keberhasilan karir Anies tentu bukan tanpa latar belakang pendidikan yang mumpuni. Setelah lulus dari Fakultas Ekonomi UGM, ia mendapatkan beasiswa studi master di School of Public Affairs, University of Maryland, College Park.

Kemampuan akademik dan prestasinya yang luar biasa lagi-lagi berhasil mengantarnya memperoleh beasiswa doktoral. Anies melanjutkan studinya bidang politik di Norther Illinois University (NIU). Selama di Amerika Serikat Anies juga bekerja sebagai asisten peneliti di Office of Research, Evaluation, and Policy Studies di kampusnya.

Berkat kinerjanya, Anies pun diganjar beasiswa Gerald S, Maryanov Fellow. Penghargaan ini hanya diberikan kepada mahasiswa NIU yang berprestasi di bidang ilmu politik pada 2004.

Tak heran bila Nurcholish Madjid atau Cak Nur yang merupakan rektor sebelumnya sekaligus pendiri Universitas Paramadina, memberikan mandat tersebut ke Anies Baswedan.

(kpl/tmi)

Editor:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI