Semua Pria Korea Utara Diwajibkan Potong Rambut Mirip Kim Jong Un

Senin, 30 November 2015 08:18 Penulis: Arai Amelya
Semua Pria Korea Utara Diwajibkan Potong Rambut Mirip Kim Jong Un
Seperti inilah gaya rambut sasak ambisius ala Kim Jong Un © KCNA

Kapanlagi Plus - Korea Utara sepertinya tak pernah lelah membuat publik dunia perhatian pada mereka. Hanya saja ketertarikan itu mayoritas berawal dari berita-berita unik dan tak masuk akal. Seperti yang paling baru adalah sebuah kebijakan yang dibuat Pemimpin Tertinggi mereka, Kim Jong Un.

Yap, kini seluruh pria warga negara Korea Utara diwajibkan memiliki gaya rambut nan eksentrik serupa dengan Jong Un. Menurut Telegraph, sumber-sumber di Pyongyang menyebut jika kaum Adam di seantero negeri diperintahkan untuk segera potong rambut bergaya ala Jong Un dan tak boleh lebih panjang dari dua sentimeter.

Jong Un dan Sol Ju kala menghadiri sebuah event bersama © AP Photo/Korean Central News Agency via Korea News Service Source:APJong Un dan Sol Ju kala menghadiri sebuah event bersama © AP Photo/Korean Central News Agency via Korea News Service Source:AP

Tentu hal ini akan cukup menggelitik mengingat gaya rambut Jong Un saat ini adalah model sasak di bagian atas kepala. Gaya rambut Jong Un ini mulai diperkenalkan pada Februari 2015 yang langsung membuat publik dunia terhenyak. Dengan segera gaya rambut Jong Un pun dijuluki gaya rambut ambisius di Korea Utara karena begitu tegas dalam memangkas rambut di bagian belakang dan samping kanan-kiri sehingga menyisakan sejumput di bagian atas yang disasak tinggi bak perempuan yang hendak pakai konde.

Meskipun kebijakan ini masih belum bisa dipastikan, hanya saja jika mengingat Korea Utara pernah merilis 28 gaya rambut wajib di tahun 2013, sepertinya bakal benar adanya. Media Chosun Ilbo memberitakan jika kebijakan nyeleneh ini dilakukan karena pemuda-pemuda di kampus banyak yang meniru gaya rambut kapitalis. Bahkan untuk mengawasi para generasi muda, petugas kampus sampai membawa gunting rambut.

Nah, kalau gaya rambut Sol Ju begini, mungkin tak masalah ya? © REUTERS/KCNANah, kalau gaya rambut Sol Ju begini, mungkin tak masalah ya? © REUTERS/KCNA

Tak berhenti di situ, rupanya kaum perempuan di Korea Utara juga menghadapi hal serupa. Di mana kaum Hawa di seantero negeri wajib mengikuti gaya rambut bob istri Jong Un, sang Ibu Negara Ri Sol Ju. Lantaran kebijakan ini pula, salon-salon dan tukang cukur di Pyongyang langsung mempelajari gaya rambut Jong Un dan Sol Ju demi menaati aturan baru, seperti dilansir Business Insider.

Jika kamu penasaran darimana gaya ajaib rambut Jong Un, rupanya terinspirasi dari kakeknya, Kim Il Sung. Yap, sang pendiri Korea Utara itu memang punya gaya rambut ikonik itu kala memerintah dari 1948 - 1972. Hmm, untung saja Jong Un tidak menjadi Presiden di Indonesia ya.

(bus/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI