Seram Namun Keren, Detik-Detik Saat Gunung Meletus!

Selasa, 21 Januari 2014 09:01 Penulis: Arai Amelya
Seram Namun Keren, Detik-Detik Saat Gunung Meletus!
foto: boredpanda.com


Kapanlagi Plus - Aktivitas alam memang merupakan hal yang begitu luar biasa. Entah mengerikan atau mempesona, membuat banyak orang begitu tertarik. Salah satunya ialah ketika gunung Puyehue-Cordón Caulle di Chile tengah meletus pada 4 Juni 2011.

Salah seorang fotografer Chile professional yakni Fransisco Negroni sukses mengabadikan ketika Puyehue-Cordón Caulle meletus. Tampak begitu mengerikan, namun juga luar biasa indah. Dilansir boredpanda.com, berikut beberapa di antaranya yang membuat kamu bisa terpesona.

1. Lava Yang Dimuntahkan

Saat meletus, gunung Puyehue-Cordón Caulle tampak begitu mengerikan. Jutaan kubik lava pijar dan berbagai material panas dimuntahkan dari bagian kawah. Tak heran aliran lava yang begitu besar mengeluarkan lidah-lidah api pijar yang tentunya membakar apapun yang dia lintasi. Tampak seperti detik-detik meletusnya gunung di film DANTE'S PEAK ya?

2. Petir Api

Sebuah kilat menyambar di bagian atas gunung Puyehue-Cordón Caulle saat dia meletus. Bagaimana bisa petir-petir itu menyambar? Tentu saja pemandangan luar biasa itu semakin mengerikan namun indah. Seakan langit sampai ikut bergejolak.

3. Udara dan Debu Panas

Sudah menjadi hal yang wajar saat gunung meletus, maka akan ada awan panas yang mengelilingi bagian mulut kawah. Hal itu dikarenakan naiknya lava super panas membuat munculnya awan uap panas yang membumbung tinggi dan tak jarang mengandung zat beracun untuk dihirup.

4. Petir Menyambar Ganas

Saat lava sudah semakin menyetuh bibir kawah dan siap meluncur turun, maka itu kerap dibarengi dengan yang namanya awan panas. Bahkan awan panas di Puyehue-Cordón Caulle terlihat jauh lebih mengerikan dengan kilatan petir yang luar biasa 'mengamuk'.

5. Cuaca Yang Mengerikan

Apakah bisa saat awan panas muncul akan mengakibatkan pusaran angin tornado? Jawabannya adalah bisa. Karena angin tornado terbentuk ketika dua buah udara dengan beda suhu yang cukup tinggi bertemu sehingga membentuk pusaran angin kuat yang mengerikan.

6. Tornado Panas Terbentuk

Seperti inilah bentuk pusaran tornado yang terbentuk saat gunung Puyehue-Cordón Caulle meletus. Tentunya bukan tornado biasa. Karena tornado ini akan membawa material benda panas yang ada di dalam kawah Puyehue-Cordón Caulle. Tak hanya merusak apa yang dia lewati, kilatan petir membuat pusaran angin ini bisa membakar apapun termasuk pepohonan.

7. Petir di Awan Panas

Sungguh mengerikan bentuk bagaimana bentuk awan panas di gunung ini. Berarak tinggi kel langit dengan warna gelap karena membawa material vulkanik. Belum lagi petir yang menyambar seakan membuktikan bahwa Tuhan itu begitu Maha Kuasa.

8. Menyambar Apapun

Ya, awan panas dengan petir ini seakan menjadi sebuah peringatan kematian. Karena mereka pasti tak akan memberikan ampunan pada benda apapun yang dilewati. Suhu ribuan derajat celcius bisa membuat gosong semua benda yang terkena awan panas mengerikan ini.

9. Udara Panas Membumbung

Warna merah ini timbul karena awan panas ini membawa material abu vulkanis dari kawah gunung Puyehue-Cordón Caulle. Ribuan kubik materi panas itu tentunya menimbulkan uap mengerikan dan berkumpul di udara menjadi gumpalan awan panas yang bisa bergerak ratusan kilometer perjam dan menyapu bersih semua yang dia lintasi.

10. Tenang Namun Mengerikan

Inilah kondisi dari jauh awan panas yang keluar dari gunung Puyehue-Cordón Caulle. Memang sangat mengerikan ketika alam itu mengamuk. Namun pastinya keindahan masih bisa terlihat. Begitu mengerikan, namun begitu luar biasa.

(bor/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI