Kenali Danau Neraka Ini, Hewan Pun Jadi Membatu!

Selasa, 25 Februari 2014 15:01 Penulis: Arai Amelya
Kenali Danau Neraka Ini, Hewan Pun Jadi Membatu!
VeldwijkProductions.nl/Nick Brandt


Kapanlagi Plus - Pernahkah kamu mendengar yang namanya danau Natron? Danau Natron adalah danau yang terletak di bagian utara Tanzania yang dianggap sebagai perairan neraka. Natron adalah danau alkali dangkal dengan kedalaman kurang dari 3 meter dan menjadi kuburan bagi ribuan hewan di sana.

Natron merupakan danau garam dengan pH air mencapai 10,5 yang bahkan bisa membakar kulit dan mata yang langsung bersentuhan. Selain itu suhu airnya mencapai 60 derajat celcius. Garam yang terkandung di Natron merupakan kapur magmatik yang keluar dari lava dan membuat setiap bangkai hewan di sana sulit terurai cepat. Dan fotografer Nick Brandt berhasil mengabadikan seramnya Natron, seperti dilansir boredpanda.com.

1. Angsa Mengerikan

Suhu yang mencapai 60 derajat celcius tentunya membuat makhluk mana saja menjadi tak bisa menahan panasnya air yang masuk ke dalam tenggorokan mereka. Namun karena Natron adalah danau yang juga habitat jutaan hewan, terkadang hewan-hewan ini meminum airnya yang justru mendatangkan kematian seperti angsa ini. Bangkai tubuhnya masih mengapung di atas Natron dengan kulit yang sudah gosong dan bulu ringkih.

2. Sudah Tak Bisa Terbang

Memiliki hawa panas, bisa dibilang Natron adalah danau dengan tingkat keasaman paling tinggi di dunia. Bahkan pH danau Natron mencapai 10,5 yang hawanya saja bisa membakar bulu hewan. Tak heran jika seekor burung yang hanya mencoba singgah di sebuah batang pohon menjadi tewas dan mati dengan kondisinya semula.

3. Elang Tak Lagi Gagah

Elang adalah hewan yang gagah. Bahkan setelah dia mati, elang masih memiliki sisa-sisa kegagahan yang terlihat. Seperti foto yang diambil oleh Brandt ini. Danau Natron kembali memakan korban karena tingkat alkali yang sangat tinggi, bahkan seekor elang gagah tak berkutik dan hanya bisa diam membatu sampai mati.

4. Tak Ada Kicauan

Menjadi habitat bagi jutaan Lesser Flamingoes, banyak sekali hewan berjenis unggas yang singgah di danau Natron hanya sekedar untuk melepas lelah. Malangnya mereka tak tahu jika Natron memiliki potensi mematikan. Niat untuk singgah dengan kicauan riang harus berubah menjadi suasana mencekam.

5. Mati Membisu

Mungkin sejatinya burung ini berniat singgah di salah satu bebatuan danau Natron dan mencoba meminum air danau. Namun nasibnya sangat buruk sehingga membuat burung ini membatu dan mati begitu saja. Jelas saja mati, karena dia meminum air dengan tingkat pH asam mencapai 10,5 yang membuat siapa saja merasa terbakar.

6. Mati Terbalik

Apa yang membuat kandungan alkali di danau Natron sangat tinggi adalah gunung berapi berusia satu juta tahun yang Ol Doinyo Lengai yang terletak di bagian selatan Natron. Semenjak tahun 1883, Lengai sudah meletus sebanyak lebih dari 8 kali yang terakhir kalinya pada tahun 2007 silam dan membuat Natron semakin mematikan.

(bor/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI