Sering Kamu Pegang, Ternyata Benda Ini Lebih Berkuman Dari Kakus

Jum'at, 07 Februari 2014 06:01 Penulis: Mahardi Eka Putra
Sering Kamu Pegang, Ternyata Benda Ini Lebih Berkuman Dari Kakus
dok. istimewa


Kapanlagi Plus - Dari seluruh bagian yang ada di dalam rumahmu, tentu kamu paling menghindari berlama-lama di WC. Pasalnya kakus (jamban) yang kita gunakan untuk buang air besar setiap harinya menjadi sarang kuman yang membawa penyakit. Selain itu dari tampilan dan juga bau yang disebabkan terkadang membuat kita jijik.

Membayangkan saja membuat kita berpikir bahwa kakus adalah sarang kuman? Tapi tunggu dulu...

Ternyata ada beberapa benda lain yang punya kandungan kuman sama atau bahkan melebihi kakus. Parahnya lagi ternyata benda-benda tersebut sering kita pegang. Hiiii benda apa saja yang penuh kuman tersebut?

1. Spons cuci

Hampir di semua belahan dunia, benda satu ini dianggap sebagai sarang kuman. Bayangkan saja di setiap 6,25 cm persergi ada 10 juta bakteri yang bersarang. Jumlah tersebut membuat spons punya kandungan bakteri 250 ribu lebih banyak dari tempat duduk di kakus.

Spons yang digunakan untuk mencuci piring ini akan terus menampung bakteri dan mentransfernya ke telapak tangan manusia. Mengerikan bukan?

2. Tas jinjing

Tas jinjing, apa pun merknya dan KW jenis apa pun itu, adalah benda yang dipastikan sangat berkuman. Alasannya karena tas satu ini sering menampung banyak benda seperti telepon genggam atau uang. Seringnya tas jinjing terpapar udara bebas dan menjadi tempat banyak benda, perputaran bakteri dalam film ini pun terjadi sempurna.

3. Kran shower

Apakah kamu pikir dengan menggunakan shower saat kamu mandi dapat membuatmu terasa sejuk dan bersih dari kuman? Jawabannya adalah tidak.

Kepala kran shower yang ada di rumah-rumah ternyata menjadi sarang kuman sebab kondisinya yang lembab dan hangat . Di tempat seperti itulah kuman bisa berkembang dengan subur.

4. Uang kertas

Siapa sih yang tak bakal tergiur saat disuguhi banyak uang? Hampir setiap orang pastilah masih menggunakan uang  untuk melakukan berbagai transaksi. Tapi tahukah ternyata benda satu ini mengandung hingga 200 ribu bakteri dalam setiap lembarnya.

5. Saklar lampu

Hampir tiap jam kita berurusan dengan saklar lampu di rumah kita. Percaya atau tidak bahwa saklar tersebut mengandung 217 ribu bakteri per inchnya. Siapa yang menyangka saklar yang berwarna putih tersebut membawa banyak bakteri dan nantinya membawamu ke kondiso yang tak mengenakan.

6. Sikat gigi

Ketika kamu membersihkan toilet dan menyiramnya, kuman ternyata dapat meluncur sejauh 6 kaki dan bertahan hingga 2 jam lamanya. Ke mana lagi tujuan mereka kalau bukan ke sikat gigi yang tergantung di dekatnya. Jadi kalau boleh dianalogikan sikat gigimu tak ubahnya sikat kakus.

7. Korden cantik

Setiap tamu yang berkunjung ke rumahmu pasti senang saat melihat warna dekorasi rumahmu yang senada dengan warna korden. Hal tersebut makin mempercantik ruang tamumu. Korden memang bisa melindungi penghuni rumah dari cahaya berlebih yang masuk ke dalam ruangan. Dalam desain rumah tertentu, korden bisa menghalau angin yang masuk sehingga debu-debu tak berhamburan di dalam ruangan.

Korden di sisi yang lain juga menjadi sarang bulu hewan peliharaan, debu, kotoran kecil, dan yang paling mengerikan kutu binatang. Sekali kamu menyibakkan korden, benda-benda di atas langsung berhamburan.

8. Spring bed

Tak ada tempat yang paling nyaman selain tempat tidur empuk untuk beristirahat di kala malam. Akan tetapi siapa yang menyangka bahwa tempat nyaman ini bisa menjadi tempat paling jorok di dunia.

Percaya atau tidak, kasurmu bisa bertambah berat sebanyak dua kali lipat setelah 10 tahun. Penyebabnya antara lain debu dan kotoran kutu yang menumpuk di dalamnya. Hiiii....

9. Bantal empuk

Kalau kamu tak rajin mencuci bantalmu maka percayalah setiap malamnya kamu tidur dengan meletakkan kepalamu di tempat sampah. Alasannya karena bantal yang kotor adalah sarang dari sel kulit mati, debu, kutu, jamur, dan kotoran lain dari tubuh atau dari udara. Jadi apa kamu tahan berbantal sampah berkuman setiap malamnya?

10. Bathtub

Tempat yang kamu tuju untuk membersihkan kuman dari tubuhmu ternyata bisa menjadi tempat paling kotor dan berkuman lho. Kalau kamu menggunakan bathtub untuk mandi, maka perhatikan bagian di dekat saluran drainasenya. Tempat tersebut ternyata mengandung 19 ribu bakteri di tiap incinya.

11. Kenop pintu

Sesekali, cobalah menghitung berapa banyak orang yang lalu lalang di pintu kantor atau di pintu tempat umum seperti toko, mart, atau mal, jumlahnya bisa ratusan bahkan ribuan kali bukan? Maka kalikan jumlah tersebut dengan jumlah kuman yang menempel di kenop pintunya. Inilah mengapa kenop pintu jadi tempat paling berkuman di sekitar kita.

12. Tas belanjaan

Menjalani pola hidup ramah lingkungan ternyata butuh ketelitian, apalagi kalau menyangkut pemakaian tas belanja. Orang memilih untuk memakai tas yang bisa dipakai ulang alih-alih kresek untuk berbelanja. Tas tersebut nyatanya bisa menjadi sarang kuman yang bisa saja berasal dari barang belanjaanmu. Ia bisa saja lebih kotor dari pakaian dalammu.

Tapi tenang saja, selama kamu mencucinya dengan bersih dan teratur, hal di atas bisa dihindari.

13. Handphonemu

Bangga karena punya handphone bagus dan sering bertelepon dengannya? Tunggu dulu. Benda kesayangmu ini ternyata bisa 10 kali lebih kotor daripada tempat dudukan toilet tempat kamu buang hajat. Sering-seringlah membersihkannya kalau tak mau menjalani keseharian dengan kakus di tangan dan kamu tempelkan di pipi setiap harinya.

14. Keyboard komputer

Para pekerja kantoran, terutama mereka yang sehari-harinya duduk di depan komputer seringkali merasa lebih nyaman dari pada pekerja kantoran karena tak perlu berpanas-panasan di luar dan bergaul dengan polusi dan kotoran. Yakin?

Gadget yang selalu digunakan oleh para pekerja kantoran, keyboard komputer, ternyata bisa mengandung bakteri 200 kali lebih banyak dari kakus apabila tak sering dibersihkan.

 

15. Es balok di restoran

Sebuah studi di Amerika mencatat bahwa banyak restoran cepat saji yang ada di Amerika menyajikan es balok yang punya kandungan bakter lebih banyak dari air di WC. Bahkan hasil studi ini menemukan bahwa 70 persen dari restoran tersebut menyajikan es balok yang jorok.

So, hati-hati saat pergi ke restoran cepat saji atau di manapun ya. Pastikan minumannya terbebas dari balok es kotor.

(bro/dka)



MORE STORIES




REKOMENDASI