Sindrom Aneh, Dokter Ini Rasakan Sakit Orang Lain di Tubuhnya!

Sabtu, 01 Agustus 2015 18:18 Penulis: Lusi Vita
Sindrom Aneh, Dokter Ini Rasakan Sakit Orang Lain di Tubuhnya!
Ilustrasi Via ©huffingtonpost

Kapanlagi Plus - Biasanya, ketika orang mengatakan 'Aku bisa rasakan apa yang kamu rasakan' adalah sebagai ekspresi atau ungkapan dalam menenangkan kegelisahan orang lain. Namun, ini tidak berlaku bagi dokter Joel Salinas yang mengaku benar-benar bisa merasakan sakit fisik yang diderita pasiennya.

Wah, aneh banget yak? Yap, ini memang suatu kondisi yang sangat langka bagi manusia. Dalam ilmu kedokteran kondisi ini juga termasuk penyakit juga lho yakni yang biasa dikenal dengan Syndrom Mirror-Touch Synesthesia. Waduh, sindrom apalagi itu? Apakah berbahaya?

Ya, sebenarnya tidak ada bahayanya sih. Hanya saja saat orang memiliki sindrom ini ia jadi bisa merasakan sakit fisik yang diderita orang lain. Misalnya, nih ketika terkoneksi langsung dengan orang yang memiliki penyakit maag maka penderita sindrom ini juga merasakan pula nyeri di dalam lambungnya. Hanya saja ini bersifat sementara saja, seperti dilansir melalui Odditycentral.

Sosok dokter Joel yang bisa rasakan langsung penyakit yang diderita orang lain ©OdditycentralSosok dokter Joel yang bisa rasakan langsung penyakit yang diderita orang lain ©Odditycentral

Nah, seperti itulah yang kira-kira dirasakan oleh dokter Joel. dokter ahli syaraf di Massachusetts General Hospital. Ia mengakui mengidap sindrom itu sejak masih kecil. Di mana ketika ia terkoneksi langsung dengan orang lain seperti saat dia memeluk seseorang. Maka secara otomatis ia merasakan penyakit yang diderita mereka, apapun rasa sakit fisik yang dialami.

"Saat aku mengalami kontak langsung dengan seseorang, aku bisa merasakan sensasi aneh sesuai dengan sakit yang mereka derita di tubuhku dan rasanya seperti pantulan dari cermin" ujar Joel menjelaskan.

Seperti ketika ia sedang praktek amputasi di sekolah kedokterannya dulu. Ia sampai bisa merasakan obat bius masuk ke dalam tubuh dan darahnya seolah mengalir di kulitnya. Memang kondisi ini sangat langka karena hanya 2% saja manusia dari semua penduduk di bumi yang bisa menderita sindrom ini.

Dan terkadang, bagi orang yang tidak tahu malah bakal dianggap sebagai seseorang yang punya indera keenam. Padahal dalam dunia kesehatan ini adalah sebuah sindrom yang jelasnya ada pengaruh positif dan negatif pada penderitanya. Nggak terbayang kan rasanya saat menyentuh atau memeluk langsung penderita kanker?

Namun, apapun itu kondisi ini sangat disyukuri oleh Joel, karena hingga selama ini sindrom tersebut malah membuatnya jadi dokter yang benar-benar mengerti kondisi pasien-pasiennya. Bagaimana menurutmu soal sindrom aneh dan langka ini?

(odd/vit)

Editor:

Lusi Vita



MORE STORIES




REKOMENDASI