Soal Matematika Anak SD Kelas 2 Ini Bikin Bingung Orang Dewasa

Selasa, 10 Mei 2016 15:48 Penulis: Arai Amelya
Soal Matematika Anak SD Kelas 2 Ini Bikin Bingung Orang Dewasa
Ilustrasi pusing mengerjakan soal © deviantart.net

Kapanlagi Plus - Bagi kamu yang sudah duduk di bangku kuliah atau bekerja, tentu melihat soal Matematika untuk anak SD adalah hal yang sangat mudah. Yap, operasi hitung bilangan seperti penjumlahan dan pengurangan adalah sesuatu yang so yesterday. Namun, kamu tak bisa meremehkan soal ini.

Seorang ibu bernama Louise Bloxham baru-baru ini memposting sebuah soal Matematika untuk anak SD kelas dua yang dianggap terlalu sulit. Bahkan postingan Bloxham itu langsung memicu perhatian netizens yang juga ikutan bingung, seperti dilansir Metro.

Dalam unggahan Bloxham itu, soal Matematika-nya berbunyi, 'Ada berapa orang di kereta api? Ada 19 orang turun dari kereta api di pemberhentian pertama. Lalu ada 17 orang naik ke dalam kereta api. Sekarang ada 63 orang di kereta api. Berapa banyak awalnya orang di kereta api?'.

Inilah soal ujiannya! Eng ing engInilah soal ujiannya! Eng ing eng

Tampak mudah, postingan soal Matematika itu langsung mendadak viral di Twitter. Banyak yang kepo mengumukakan hasilnya sementara yang lain menilai jika soal ini terlalu sulit bagi bocah-bocah SD.

Beberapa pengikuti Twitter Bloxham pun saling beradu pendapat. Sebut saja Robyn Duckworth yang memakai rumus 65-19+17 = 63. Lalu ada Neil Hughes dan Lewis Haddow yang sampai menggunakan rumus aljabar yakni x-19+17 = 63, maka x adalah 65. Wew, lalu siapa yang betul?

Seolah ingin menghentikan perdebatan, anggota forum guru Matematika pun angkat bicara. Di mana mereka menggunakan rumus 63-17+19 = 65. Nah kalau menurutmu, siapa nih yang benar?

(met/aia)

Editor:

Arai Amelya



MORE STORIES




REKOMENDASI